Settia

Bawaslu: Belum Ada Indikasi Pengerahan PNS di Moment Pilgub Banten

BERBAGI

SERANG, BCO – Potensi kecurangan dengan pengerahan aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada perhelatan Pilgub Banten kali ini menjadi salah satu hal yang paling diawasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Karena dari hasil Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2016 beberapa waktu lalu menyebutkan, Banten merupakan provinsi paling berpotensi nomor 3 dalam hal salah satu pelanggaran tersebut.

Dijelaskan Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banten, Eka Satialaksmana, hingga kini pihaknya belum menemukan indikasi-indikasi pengerahan PNS oleh bakal calon Petahana ataupun kepala daerah lainnya pada Pilgub Banten sekarang ini.

“Sementara ini indikasi-indikasi pengerahan ASN belum ada, laporan temuan di lapangan baru sebatas dugaan penggunaan program-program saja, dan itu sudah selesai,” ujar Eka Saat dihubungi, Kamis 6 Oktober 2016.

Namun dirinya tidak menampik jika kemungkinan timbulnya potensi pengerahan ASN atau PNS pada kontestasi Pilgub Banten 2017.

“Potensi tetap ada, dan ini juga yang akan menjadi perhatian kami disamping potensi-potensi kecurangan lain yang mungkin juga akan terjadi,” imbuhnya.

Mengantisipasi hal tersebut Bawaslu Banten gencar melakukan sosialisasi dan pengayaan terhadap pejabat-pejabat struktural di Provinsi Banten.

“Tadi juga kami sudah melakukan sosialisasi terhadap pejabat struktural di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Banten, tidak semua hanya perwakilan saja, dan alhamdulillah mereka paham,” ujar Eka menambahkan. (*)

Settia