Bawaslu: Gakumdu Belum Terbentuk, Tunggu MoU di Tingkat Pusat

BERBAGI

SERANG, BCO – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang digadang akan menjadi alat pengendali pelanggaran pada Pilkada Serentak 2017 ini masih belum final.

Dijelaskan Koordinator Bidang Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten, Eka Satialaksmana, bahwa hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan bersama MoU di tingkat pusat, yakni antara Kejagung, KPU RI dan Polri.

Tahapan Pemilukada saat ini sudah memasuki tahapan penentuan calon, namun Sentra Gakumdu yang merupakan lembaga untuk melakukan upaya penindakan pelanggaran-pelanggaran aturan Pemilu belum juga disahkan.

“Hasil keputusan bersama itu kami belum dapat dan kami masih tunggu sehingga untuk sekarang Gakumdu tetap kami jalankan dengan MoU dengan Kejati dan Kapolda yang tahun 2015 lalu serta SOP yang digunakan masih yang untuk Pilkada serentak kemarin,” ujar Eka saat dihubungi Selasa 4 Oktober 2016.

Meskipun begitu, di tingkat pusat saat ini menurut informasi yang di dapat oleh Eka, draft MoU telah ditandatangani oleh KPU RI dan Kejagung. “Infonya tinggal yang dari Kepolisian yang belum,” imbunya.

Terkait wadah yang nantinya berada dibawah struktur Bawaslu tersebut, Kapolda Banten, Brigjen Pol. Ahmad Dofiri menjelaskan, keberadaan Sentra Gakumdu di Pilgub Banten ini menjadi penting karena sebagai pintu gerbang pertama penanganan tindak pidana Pemilu.

“Dalam hal-hal yang terkait tindak pidana Pemilu nanti Gakumdu itu sebagai pintu gerbang pertama itu bisa dilanjutkan atau tidak,” ujarnya saat ditemui usai menghadiri Paripurna Hari Ulang Tahun Provinsi Banten ke- 16 di Gedung DPRD Banten.

Sementara terkait tindak lanjut pembentukan sentra tersebut, Kapolda menjelaskan sudah siap menjalankan. “Gakumdu itu kerjasama MoU nya sudah ada, memang pelatihan-pelatihan terus kita lakukan, intinya bagaimana Sentra Gakumdu ini diperkuat bahwa Bawaslu dari unsur kejaksaan dan unsur kepolisian lebih terpadu lagi. Karena ini pintu gerbang kalau Gakumdu nya bagus, kuat yah mudah-mudahan lebih fair pelaksanaan Pilgub ini,” imbuhnya. (*)