Settia

Bawaslu: Panwas Diminta Berkoordinasi dengan Pemda untuk Penertiban Atribut Kampanye Pilgub

BERBAGI

SERANG, BCO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten menginstruksikan Panwas Kabupaten dan Kota se Banten untuk melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan Pemerintah Daerah untuk melakukan penertiban spanduk-spanduk publikasi bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang dianggap liar dan meresahkan masyarakat.

Dijelaskan Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Banten, Eka Satialeksmana, bahwa lembaganya saat ini banyak laporan masyarakat yang mengeluhkan spanduk-spanduk liar yang dipasang bakal calon.

Settia

Menurutnya, meski belum bisa diterapkan PKPU yang mengatur hal tersebut namun, banyak Peraturan Daerah yang membatasi terkait pemasangan spanduk dan publikasi.

“Kita ingin semua berjalan sesuai aturan, kita sadar aturan terkait pemasangan alat peraga kampanye masih belum bisa diberlakukan, namun yang kita soroti adalah alat-alat publiksi yang dipasang di daerah-daerah yang tidak semestinya,” ujar Eka kepada media, Rabu 12 Oktober 2016.

Menurutnya hal tersebut merupakan kewajiban Pemda, namun penerapan aturan yang mengatur hal-hal pemasangan alat publikasi ini, dirasa Eka terlalu beresiko membenturkan Pemerintah Daerah dengan masyarakat.

“Kita sadar kalau mereka (Pemda-red) langsung melakukan tindakan pasti akan berbenturan dengan masyarakat, makanya kita buatkan rekomendasi, biar nanti Pemerintah di daerah bisa lebih kuat,” imbuhnya.

Ia juga telah menginstruksikan Panwas Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan pembersihan.

“Kita sudah sebarkan Surat Edaran kepada seluruh Panwas untuk berkoordinasi dengan Satpol PP di kabupaten/kota ketika akan melakukan pembersihan,” ungkap Eka tegas. (*)