Settia

BPJS Luncurkan Fitur Mobile Screening, Pelanggan Bisa Periksa Kesehatan Lewat Handphone

BERBAGI

SERANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Rabu (2/1) resmi meluncurkan fitur mobile screening pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile.

Fitur Mobile Screening adalah salah satu tool di Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang berguna untuk memeriksa tingkat kesehatan yang bisa digunakan dengan gadget handphone platform android.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Serang, Chandra Nurcahyo mengatakan, fiture mobile screening ini adalah salah satu layanan terbaru dari BPJS Kesehatan.

“Screening riwayat kesehatan sebelumnya dilakukan manual di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, namun sekarang mereka bisa melihat potensi resiko kesehatan cukup dengan melakukan screening riwayat kesehatan yang bisa diakses dengan handphone,” ujarnya di Serang, Rabu (1/2).

Menurutnya tools ini seperti dokter pribadi peserta JKN-KIS yang bisa dibawa kemana-mana, cara menggunakannya pun sangat mudah, peserta cukup mendownload aplikasi di play store kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri.

Setelah terdaftar dan mengklik log-in peserta dapat memilih menu screening riwayat kesehatan dan mengisi 47 pertanyaan yang terdiri dari aktivitas dan kebiasaan sehari-hari dan pola makan.

Hasil screening bisa langsung keluar saat itu juga secara otomatis, termasuk saran dan rekomendasi untuk peserta, JKN-KIS.

Settia

Sementera itu untuk deteksi penyakit yang bisa dilakukan screening adalah Hipertensi, Diabetes Melitus, Jantung dan Ginjal kronis

“Untuk saat ini fitur mobile screening hanya empat penyakit dengan resiko kematian tertinggi,” pungkasnya. (*)