Bupati Serang Diduga Bagi-bagi Bingkisan Politik di Mancak

BERBAGI

SERANG, BCO – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah diduga membagi-bagikan bingkisan berbau politik kepada warga korban bencaba longsor di Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang 4 Oktober 2016 lalu.

Dugaan tersebut dilontarkan Ketua Panwaslu Kabupaten Serang Abdurahman, Kamis 6 Oktober 2016.

Dijelaskan Abdurahman, dirinya tidak tahu persis kejadian bagi-bagi bingkisan di Kecamatan Mancak tersebut karena tidak ada laporan dari Petugas Pengawas Lapangan (PPL) dan Panwascam Mancak terkait hal tersebut.

“Tidak ada laporan sebelumnya, kita hanya mendapatkan informasi dan terus kita lanjutkan. Karena walaupun tidak ada laporan tapi ada informasi ya tetap kita lakukan penelusuran kebenarannya,” ujar Abdurahman saat dihubungi via telepon, Kamis.

Informasi awal kasus tersebut, didapatkan Abdurrahman, dari kiriman pesan di media sosial yang memang sudah ramai memperbincangkan tentang bagi-bagi bingkisan yang didalamnya ada stiker bergambar pasangan bakal calon Wahidin Halim dan Andika Hazrumy.

“Tadi saya sudah koordinasi dengan Panwascam agar menindaklanjuti. Kita sudah suruh Panwascam Mancak untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut,” imbuhnya.

Sementara Panwaskab Serang menduga bahwa Bupati Serang saat itu melakukan kunjungan terhadap masyarakat korban longsor di Cikedung, Kecamatan Mancak Kabupaten Serang.

“Informasi baru praduga, oleh siapanya yang membagikan kita masih cari tahu tapi keterkaitan barang yang dibagikan dengan kedatangan Ibu Bupati ke daerah tersebut itu yang menjadi alasan dugaan kami, dan tim sekarang sedang bergerak menginvestigasi data-data pendukung,” ujarnya menambahkan.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banten, Eka Satialaksmana, menilai bahwa jika benar praktik pembagian bingkisan yang memasukan gambar pasangan salah satu pasangan bakal calon oleh Bupati Serang, hal tersebut adalah bentuk pelanggaran.

“Informasi yang sedang kita tindaklanjuti sekarang adalah soal Bupati Serang tebar bingkisan di Mancak. Itu sedang ramai di media sosial dan kita lagi telusuri itu,” ujarnya kepada media. (*)