Settia

Ini Dia Maskot Pilgub Banten 2017, Apa ya Maknanya?

BERBAGI

SERANG, BCO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten telah menetapkan desain untuk maskot yang akan digunakan sebagai simbol pada perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017.

Maskot ini bakal dilaunching secara resmi oleh KPU Banten pada 31 Juli mendatang.

Diketahui, maskot Pilgub Banten kali ini berbentuk menara masjid Banten Lama, dan diberi nama Banlih atau Banten Memilih.

Settia

Penggunaan menara mesjid Banten Lama, menurut Komisioner KPU Banten Enan Nadia, karena merupakan simbol religius dan menjadi salah satu ciri khas bangunan mesjid di Provinsi Banten.

Adapun struktur keseluruhan gambar maskot tersebut, banyak nemiliki arti positif. Dari mulai, sosok maskot yang menggunakan gamparan atau trompah yakni sandal yang digunakan oleh orang-orang yang berada di lingkungan masjid atau keraton kesultanan.

Maskot dengan celana hitam komprang yang merupakan pakaian masyarakat Banten pada masanya dan masih digunakan sebagai pakaian populis. Pakaian ini juga tidak menyiratkan gender, artinya berlaku bagi perempuan dan laki-laki.

Kemudian diatas mahkota ada pucuk rebung sebanyak 15 buah tampak depan sebagai symbol hari pencoblosan. Namun jika dihitung keliling menjadi 30 melambangkan Al Quran 30 juz.

Maskot Banlih juga memegang alat coblos paku dan surat suara di Pilgub Banten. (*)