Settia

Jalan Wisata Carita – Anyer Memprihatinkan, Komitmen Pemprov Banten Dipertanyakan

BERBAGI

CILEGON – Masyarakat Pantai Wisata Carita dan Anyer mulai mengeluhkan kondisi jalan utama yang sangat memprihatinkan, berlubang dan berbahaya terutama bagi pengendara roda dua yang baru pertama ke daerah tersebut.

Kondisi infrastruktur jalan menjadi vital bagi pengunjung objek wisata umum seperti Pantai Carita dan Anyer.

Kondisi seperti ini membuat objek wisata yang jaya di era 90-an hingga 2000, pasca bom bali menjadi tidak menarik lagi.

Seperti diungkapkan masyarakat Carita, Sukma (35), pria yang berprofesi sebagai operator banana bout di objek wisata carita ini mengeluhkan tingkat kunjungan yang semakin merosot.

Setiap hari libur dan weekend biasanya penghasilan Sukma bisa mencapai Rp500 ribu, setiap minggunya namun saat ini diakui bapak tiga orang anak tersebut untuk menutupi biaya operasional saja sangat sulit.

“Kalau dulu nyari uang di pantai itu gampang,” ujarnya saat ditemui Fakta Banten, Jumat (20/1).

Hal senada juga diungkapkan Edi, industri pariwisata yang dulu menjadi primadona penghasilan warga kini sudah tidak terlalu menjanjikan lagi. Kondisi infrastruktur jalan yang buruk seperti saat ini bukan tidak mungkin dapat membuat terpuruk masyarakat yang menggantungkan hidup dari bidang ini.

Settia

“Banyak dari masyarakat sini yang dulunya berusaha di pantai sekarang lebih memilih jadi kuli kasar di proyek-proyek,” ujar Edi.

Lebih lanjut dirinya pun mempertanyakan komitmen pemerintah daerah baik Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten yang saat ini terkesan menganak tirikan industri pariwisata.

Dikatakan Edi, meski devisa yang bisa dihasilkan dari bidang ini kecil namun mampu menyerap tenaga kerja yang besar.

“Bisnis di Pariwisata ini bukan aja dinikmati masyarakat pesisir namun juga masyarakat yang tinggal di gunung-gunung, mereka bisa jualan hasil bumi, emping dan kerajinan lain,” imbuhnya.

Hasil pantauan Fakta Banten di sepanjang jalur Carita – Anyer kondisi jalan yang rusak parah juga terlihat di depan hotel bintang lima Soul Elite Marbela, bahkan di kawasan pantai carita kondisi jalannya lebih memprihatinkan lagi. (*)