Settia

Masa Kampanye Pilgub Banten Masih Sepi APK Sosialisasi Calon

BERBAGI

SERANG, BCO – Tahapan masa kampanye Pilgub Banten telah memasuki hari keempat setelah dimulai pada 28 Oktober 2016 lalu oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banten. Namun ‘greget’ hajat demokrasi lima tahunan ini belum terlihat semaraknya, hal tersebut terlihat dari masih minimnya alat peraga kampanye (APK) yang menjadi bahan sosialisasi mengenalkan para calon.

Diakui Ketua Pokja Kampanye KPUD Banten, Syaiful Bahri, APK resmi yang dibuat oleh pihaknya belum seluruhnya terpasang, hal ini lantaran masih belum selesainya produksi APK di tingkat percetakan.

“Kita memang belum pasang semuanya, ini karena keterbatasan produksi di pihak ketiga yang menjadi mitra untuk pengadaan APK ini, sehingga baru beberapa titik saja yang kita pasang,“ ujarnya saat dihubungi via telepon, kemarin.

Ditambahkan Komisioner Divisi Teknis KPUD Banten tersebut, pihaknya akan segera mengupayakan tersedianya APK yang merupakan hak dari kedua kandidat pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Banten ini.

“Dalam waktu dekat ini lah mudah-mudahan APK sudah jadi dan kita langsung pasang, kalaupun misalnya kita lambat, dari calon kan juga buat APK ini, kan itu boleh dipasang asal sesuai dengan aturan pemasangan dan titiknya sesuai dengan disepakati,” jelas Syaiful Bahri menambahkan.

Sementara itu hasil pantauan BCO, karena lambatnya KPUD Banten menyediakan sarana dan media publikasi serta sosialisasi kandidat tersebut, saat ini kembali banyak APK-APK yang dipasangan masyarakat pendukung pasangan calon yang tidak sesuai dengan desain yang telah disepakati antara KPU dan tim kampanye kandidat.

Dipihak lain, melihat fenomena tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten mengaku geram. Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banten, Eka Satialaksmana menegaskan bahwa penyediaan APK adalah bentuk layanan wajib penyelenggara terhadap kandidat.

Settia

“Kita sudah dapat informasi itu dari Panwas kita di lapangan, berkali-kali sebetulnya sudah saya ingatkan ke KPU, heh ini itu hak calon, jadi sebetulnya gak ada alasan untuk kita lambat memasang APK ini di masa kampanye,” ujar Eka tegas.

Surat teguran pun akan dilayangkan Bawaslu kepada KPUD Banten jika dalam waktu dekat tidak juga menyegerakan pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK) dan memasangnya di ruang publik.

“Satu kali kita ingatkan, dua kali kita akan kasih teguran, tapi kalau belum juga realisasi, mungkin kita juga akan panggil,” pungkasnya tegas. (*)