Settia

KPU Batasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Hanya 31.202 Lokasi se Banten

BERBAGI

SERANG, BCO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Selasa 18 Oktober 2016 telah menetapkan 31.202 titik pemasangan alat peraga kampanye (APK) spanduk, umbul-umbul, dan baligho untuk Pilgub Banten 2017.

Komisioner yang juga Ketua Pokja Kampanye KPU Banten, Syaiful Bahri mengatakan, untuk total keseluruhan APK tersebut akan dibagi menjadi tiga bagian, yakni baligho sebanyak 192 titik, umbul-umbul 15.500 titik, dan spanduk 15.510 titik.

“Titik ini penting, karena selain dari titik dan jumlah ini, maka harus ditertibkan oleh Satpol PP dan Bawaslu karena dapat disebut APK ilegal,” kata Syaiful Bahri usai rapat koordinasi kampanye di Aula KPU Banten, Selasa 18 Oktober 2016.

Ia mengungkapkan, pemasangan titik lokasi APK tersebut, ada yang dibuat oleh KPU dan ada juga yang dibuat oleh pasangan calon.

“Sebanyak 112 baligho, 9.300 umbul-umbul dan 9.306 spanduk, masing-masing dibuat oleh Paslon, yang penting titiknya diserahkan ke KPU dan Bawaslu biar terdeteksi antara yang legal dan ilegal,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Pramono U Tanthowi menjelaskan, untuk tempat pemasangan APK saat masa kampanye nanti hanya diperbolehkan di titik yang sudah di tetapkan KPU saja.

“Untuk pemasangan alat peraga tidak boleh di tempat-tempat umum, seperti sarana peribadatan, sekolah, kantor pemerintahan dan sarana umum lainnya seperti tiang listrik, pohon jembatan penyeberangan dan lainnya,” jelas mantan Ketua KPU Cilegon ini. (*)

Settia