Settia

Meski Kesulitan, Panwas Kabupaten Serang Tuntas Bersihkan APK Billboard Berukuran Besar

BERBAGI

SERANG, BCO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Serang mengaku kesulitan saat melakukan penertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) liar yang berukuran besar yang terpasang di tiap-tiap jalan utama di Kabupaten Serang.

Keterbatasnya peralatan yang digunakan menjadi penyebabnya.

Diakui Ketua Panwaslu Kabupaten Serang, Abdurrahman, penertiban alat peraga kampanye di Kabupaten Serang melibatkan sebanyak 87 personel Panwascam, 326 PPL dan dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta didampingi oleh pihak kepolisian.

Namun tampak para petugas tersebut mengalami kesulitan saat harus melepas APK yang terpasang pada billboard berukuran besar.

Para petugas harus bersusah payah menaiki tiang-tiang billboard tersebut dan melepaskan APK dengan menggunakan tang maupun cutter. Tidak jarang di dalam billboard tersebut juga terdapat sarang lebah yang membuat proses penertiban menjadi terhambat.

Selain itu, para petugas juga harus bekerja hingga dua kali, sebab di balik billboard tersebut terkadang masih ada bekas APK lain yang didouble.

Abdurahman mengatakan, pihaknya telah melakukan pembersihan APK tersebut mulai dari 25 Oktober 2016 lalu, bahkan dirinya sudah menghimbau kepada tim kampanye masing-masing calon untuk menurunkan sendiri alat peraga kampanye tersebut.

“Tanggal 27 Panwascam beserta Satpol PP didampingi Kepolisian melakukan penertiban, dan dibagi jadi tiga zona,” ujarnya saat ditemui di lokasi penertiban, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Kamis kemarin 27 Oktober 2016.

Ia menjamin pada masa awal kampanye yakni Jumat hari ini 28 Oktober 2016, semua tidak adalagi APK liar tersebut.

Settia

Tidak akan ada lagi alat peraga kampanye yang berada diluar ketentuan KPU.

“Itu juga sangat berisiko soalnya, tapi karena perintah undang-undang maka harus dilaksanakan. mau enggak mau harus ditertibkan,” tuturnya.

Pihaknya mengidentifikasi terdapat sekitar 30 billboard APK yang terpasang di Kabupaten Serang dan semuanya telah ditertibkan. Secara umum APK berukuran besar tersebut banyak dijumpai di ruas-ruas jalan utama, sebab itu menjadi lokasi strategis bagi bakal calon untuk menyosialisasikan diri.

“Jadi karena memang pada saat itu (sebelum pendaftaran) PKPU nya belum dimulai jadi suka-suka mereka untuk memasang, dan tidak ada ketentuan berapa. Selama itu ada ruang publik mereka pasang. Kalau sekarang ada aturannya supaya tertib dan berkeadilan, jadi tidak ada kecemburuan,” ujarnya. (*)