Settia

Museum Negeri Banten Masih Sepi Pengunjung

BERBAGI

SERANG, BCO – Pasca relokasi dari Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) beberapa bulan lalu, Museum Negeri Banten yang kini berlokasi di eks Pendopo Gubernur di depan Alun-alun Serang, ternyata masih sepi dari pengunjung.

Hasil pantauan BCO, Sabtu 11 Juni 2016, hanya melihat beberapa orang saja yang mengunjungi museum. Tak lebih dari 20 orang pengunjung rata-rata setiap harinya, bahkan di hari biasa pengunjung hanya berkisar 3 hingga 6 orang.

Settia

Dikatakan Miftah, petugas yang sehari-hari menjaga Museum Negeri Banten, rata-rata pengunjung museum adalah pelajar dan mahasiswa.

“Paling yang datang itu dari rombongan sekolahan,” katanya saat ditemui BCO, Sabtu 11 Juni 2016.

Kurangnya promosi dan koleksi yang tidak lengkap, menjadi beberapa alasan masyarakat enggan berkunjung ke museum tersebut.

Dikatakan beberapa pengunjung yang pagi tadi mengunjungi museum, kurangnya informasi tentang benda koleksi museum juga membuat mereka yang datang kecewa.

“Kurang informasi, kita cuma lihat koleksinya saja sementara informasinya tentang dimana didapatkannya, tahun kapan dibuatnya, peninggalan siapa, kita tidak tahu,” keluh Rahman, mahasiswa asal Cilegon.

Tidak adanya pemandu juga dikeluhkan pengunjung.

“Kalau kita mau tanya, sama siapa, sudah mah deskripsinya tidak ada,” Rahman menambahkan.

Sementara itu, Rahman berharap Banten memiliki museum yang lengkap koleksinya, bukan hanya koleksi masa lalu, tetapi semua hal yang berkaitan dengan Provinsi Banten.

“Banten itu kan kaya sejarah dan alamnya, jadi kalau semuanya tersaji disini, kami yakin masyarakat tak perlu ke luar daerah untuk belajar,” ujarnya.(*)