Settia

Pasang Atribut Kampanye Saat Ini, Kandidat Pilgub Banten Dinilai Curi Start

BERBAGI

SERANG, BCO – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten meminta seluruh bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten untuk segera mencopot alat peraga atribut kampanye atau spanduk dan baligho publikasi yang saat ini sudah ramai terpasang.

Menurut Ketua Bawaslu Banten, Pranomo Ubaid Tanthowi, saat ini tahapan Pilgub Banten belum memasuki masa kampanye kandidat, sehingga pemasangan baligho dan spanduk publikasi yang marak sekarang ini tidak dibenarkan.

Settia

“Ditetapkan jadi calon juga belum sudah memasang spanduk dan baligho besar-besar, kan nanti ada masanya, karena alat peraga kampanye itu kan disediakan KPU. Pasangan bakal calon sama sekali tidak boleh pasang sendiri itu jelas-jelas sudah keluar dari aturan yang ada,” ujar Pranomo di Kantor KPU Provinsi Banten, Rabu 28 September 2016.

Menurutnya, pemasangan sarana publikasi tersebut saat ini kurang etis, mengingat tahapan kampanye masih lama dan Pilkada Serentak sekarang ini memberikan waktu lebih panjang kepada bakal calon untuk menampilkan diri.

“Dalam aturan, masa kampanye ini kan panjang sekali ada sekitar 3 setengah bulanan itu menurut saya sudah sangat cukup sekali bagi pasangan bakal calon itu berbeda dari Pilkada lalu yang hanya 14 hari jadi gak harus curi-curi gini,” imbuhnya.

Terpantau, spanduk dan baligho pasangan bakal calon sekarang ini banyak terpasang di jalan-jalan utama bahkan hingga di pelosok-pelosok desa. (*)