Settia

Pengamat Menilai Wajar Sikap Politik JB yang Membelot ke Rano – Embay

BERBAGI

SERANG, BCO – Sikap politik Mulyadi Jayabaya di Pilgub Banten yang terlihat labil dinilai pengamat sebagai sesuatu hal yang wajar. Malah kepindahan mantan Bupati Lebak itu mendukung pasangan Rano Karno – Embay Mulya Syarief akan menambah peta kekuatan pasangan yang didukung PDIP, PPP dan NasDem tersebut.

Kurang dari sebulan, JB berkoar akan memenangkan pasangan bakal calon Wahidin Halim dan Andika Hazrumy di Pilgub Banten ini. Namun pada Rakerdasus PDIP di Hotel Istana Nelayan, Tangrang, Jumat lalu 14 Oktober 2016, sikap politk JB berubah 180 derajat dan berbalik mendukung pasangan Rano – Embay.

Diungkapkan Pakar Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Agus Sjafrie, manuver politik yang dilakuakan JB adalah hal yang lumrah bahkan cenderung hal yang wajar dalam kancah politik di Indonesia.

“Secara politik hal tersebut sangat wajar, dan apa yang dilakukan JB pasti memiliki alasan yang kuat dan rasional ketika memutuskan hal tersebut,” ujarnya saat dihubungi, Minggu 16 Oktober 2016.

Dijelaskan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untirta ini, ada sejumlah alasan yang dinilai melatarbelakangi manuver politik yang dilakukan Ayah dari Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya tersebut.

”Yang pertama JB tidak ingin berbeda haluan dengan PDIP khususnya, partai dimana beliau bernaung, dan yang kedua adalah kedekatan khusus dengan pasangan Petahana khususnya dengan Embay, dan yang ketiga yang juga mungkin adalah JB tidak mendapatkan posisi strategis di tim WH – Andika,” imbuhnya.

Bergabungnya JB di tim Rano – Embay akan membuat pasangan ini semakin kuat, bahkan menurut Agus, peluang Petahana mendulang banyak suara di Banten Selatan terutama Kabupaten Lebak, akan semakin besar mengingat ketokohan JB di daerah yang dipimpin putrinya tersebut masih sangat diperhitungkan.

“Kondisi ini akan mengurangi kekuatan politik WH – Andika, khusunya di Lebak, karena JB adalah ikon politik di Lebak,” jelas Agus menambahkan.

Selain itu, meski sikap politik JB dianggap labil, namun hal tersebut tidak akan mengurangi kharismatik tokoh yang dianggap “Bapak Pembangunan” di Kabupaten Lebak ini.

“Saya pikir masyarakat khususnya di Lebak masih percaya pada JB, hal lainnya Putra JB juga pendukung Rano – Embay. Sementara Iti (Bupati Lebak-red) itu tergantung JB,” pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan Pengamat Politik Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten, Nasrullah.

Settia

Ia menilai bahwa sikap politik yang diambil JB, akan memberikan kontribusi bagi upaya pemenangan pasangan Rano – Embay di wilayah Selatan Banten.

“Siapa yang tak kenal JB, ia punya kharisma yang tinggi di Lebak. Kepindahannya ke tim RK akan berdampak besar dan angin segar bagi Petahana,” ucapnya. (*)