Settia

Book Fair, Dorong Masyarakat Banten Gemar Membaca

BERBAGI

SERANG, BCO – Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2016 dimeriahkan dengan kegiatan book fair dan bazar buku murah oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten.

Settia

Dikatakan Dr. Andi Fatwati Kepala BPAD Provinsi Banten, kegiatan tersebut merupakan wahana pendidikan dan rekreasi guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan, serta mendorong minat dan budaya masyarakat dalam kegemaran membaca.

“Budaya minat baca masih rendah, oleh karena itu kami berharap lewat kegiatan ini bisa menarik pengunjung dan masyarakat tertarik untuk membaca,” ujar Andi.

Menurut Andi, jumlah pengunjung Perpusda dalam satu bulan berkisar hanya mencapai 700 orang, angka yang sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan di Perpusda daerah lain.

“Masih belum baik dengan hanya jumlah 700 pengunjung sebulan,” lanjut Andi.

Sementara itu Andi juga mengajak perpustakaan-perpustakaan yang ada di daerah, terutama daerah terpencil di Banten untuk membenahi dan menambah koleksi literasinya.

“Mau berapa buku pun kami pinjamkan, masalah waktu peminjaman pun kami tak batasi,” paparnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Ranta Suharta, kepada wartawan mengatakan, bahwa salah satu indikator indeks pembangunan manusia adalah tingkat baca masyarakat secara keseluruhan.

“Ini agar SDM Banten juga semakin maju,” ungkap Ranta saat meninjau stand-stand yang dibuka di acara tersebut.

Selain kegiatan pameran dan bazar dalam program book fair kali ini juga diadakan pelatihan keterampilan kesenian dan whorksop pembuatan film, lomba-lomba dan bengkel menulis.

Acara yang dimulai Selasa hari ini 17 Mei sampai dengan 23 Mei 2016 di halaman depan kantor BPAD tersebut juga menyediakan
35 stand yang diisi oleh koleksi buku dari penerbit ternama dan cinderamata yang bisa dilihat dan dibawa pulang pengunjung. (*)