Settia

Sudah Seminggu Lebih Air PDAM Tidak Mengalir, Warga Anyer Mengeluh

BERBAGI

ANYER, BCO – Warga Kampung Cilanggir, Desa Kosambironyok dan Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang mengeluhkan aliran air PDAM yang sudah tidak mengucur lagi sejak seminggu lalu.

Dampaknya aktifitas keseharian warga untuk mandi, cuci, dan kakus, menjadi terganggu. Meskipun saat ini sebagian warga secara bergantian masih bisa memanfaatkan air sumur.

Salah seorang warga setempat Ues Abu Bakar kepada awak media, mengatakan, sudah seminggu lebih air PDAM di tempatnya tidak mengalir.

“Aliran air PDAM sudah lama mati ke rumah-rumah warga, kami merasa kesulitan untuk mendapatkan air tersebut, bahkan warga mandi memanfaatkan air sungai cidohok dan sumur kubangan, yang jaraknya jauh dari rumah,” katanya.

Menurutnya, air tersebut sangat dibutuhkan oleh warga sekitar, mengingat air PDAM selain jernih, kualitasnya juga sangat bagus.

“Masa perbaikan sampai lama sekali. Jujur kami merasa kecewa atas pelayanan PDAM, sebagai konsumen jelas kami merasa kecewa,” ujarnya.

Wakil Ketua KNPI Kecamatan Anyar, Imanudin menilai, PDAM Kabupaten Serang terkesan menyepelekan konsumen.

Kalau konsumen membayar telat, pasti akan kenda denda, sementara pelayanan sangat buruk, dan ini menjadi permasalahan klasik.

“Ini sudah lama tidak ngocor air dari PDAM tapi gak ada kompensasi apa-apa untuk warga. Sementara kalau bayar telat, pasti ada hitungan denda. Mau sampai kapan begini terus. Perusahaan sudah lama berdiri, tapi tidak juga bisa profesional,” ujar Iman.

Jumlah konsumen PDAM di Anyer cukup besar dan ini juga harus jadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Serang.

Settia

“Bahkan ada warga yang mengandalkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari, jalas ini tidak manusiawi,” keluhnya.

Imanudin mendesak agar PDAM segera mengambil langkah-langkah cepat, karena air merupakan kebutuhan utama bagi warga. (*)