Settia

Strategi Direksi Baru, Perbanyak Cabang di Banten dan Wajibkan Pegawai Pemprov Buka Rekening Bank Banten

BERBAGI

JAKARTA, BCO – PT Bank Pundi Tbk yang dalam waktu dekat bakal bertransformasi menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) telah menunjuk direktur dan komisaris baru. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) kedua yang diselenggarakan Kamis kemarin 21 Juli 2016, pemegang saham sepakat menunjuk Heru Sukanto sebagai Direktur Utama Bank Banten.

Walaupun, direksi masih harus menjalani fit and proper test oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun organisasi perdana ini diyakini siap mengantarkan kesuksesan transformasi Bank Pundi menjadi Bank Banten.

Dirut Bank Banten Heru Sukanto, mengaku sudah menyiapkan strategi ke depan.

Menurut Heru, proses transformasi dari Bank Pundi menjadi Bank Banten ini perlu dilakukan untuk mencapai target yang ditentukan di Rencana Bisnis Bank (RBB) sebelumnya.

Untuk melakukan ini, kata Heru, ia akan melakukan penataan sumber daya manusia dan segera mengeksekusi rencana bisnis yang sudah ada.

“Tidak perlu menunggu sampai resmi terbentuk pada awal tahun depan, kalau ada rencana bisnis yang bisa dijalankan sekarang akan kami eksekusi,” ujar Heru usai RUPS-LB, Kamis kemarin.

Ke depan, lanjut Heru, Bank Banten akan berusaha melakukan sinergi dengan rencana pertumbuhan ekonomi Banten. Sinergi dengan Pemerintahan di Banten ini juga dilakukan dengan memanfaatkan jumlah pegawai Pemprov Banten sebanyak 4.000-an pegawai untuk menempatkan payroll di Bank Banten. Bank Banten nantinya juga akan mengoptimalkan dana yang berasal dari masyarakat Banten untuk menopang dana pihak ketiga (DPK).

Terkait dengan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL), Bank Pundi yang sampai Maret 2016 masih berada diangka 6,32%, Heru mengatakan akan berusaha menekannya hingga angka 3% dengan melakukan ekspansi bisnis.

“Kami yakin dengan beberapa insentif pemerintah dan dana tax amnesty bisa meningkatkan bisnis Bank Banten,” papar Heru.

Selain itu, Bank Banten akan melakukan menjajaki beberapa kemitraan untuk meningkatkan nilai bisnis Bank Banten. Untuk kantor cabang yang saat ini masih berjumlah 163, berpotensi dikurangi dan efisiensi utamanya yang berada di Pulau Jawa. Untuk cabang yang ada di Provinsi Banten berpotensi untuk ditambah dengan adanya penambahan bisnis.

Pada tahun pertama Bank Banten terbentuk, lanjut Heru, perusahaan akan fokus ke tiga bisnis utama yaitu mikro, ritel dan menengah. (*)

 

 

Sumber: Kontan

Settia