Settia

1 September 2016, Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin

BERBAGI

CILEGON, BCO – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi perkiraan terjadinya Gerhana Matahari Cincin pada Kamis 1 September 2016 besok.

Gerhana matahari adalah peristiwa ketika terhalangnya sinar matahari oleh bulan akibat dinamisasi pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan.

Di Indonesia sendiri, fenomena alam ini kemungkinan dapat dilihat di sebagian wilayah, berupa Gerhana Matahari Sebagian. Dan Gerhana ini dapat diamati pada sore hari menjelang Matahari terbenam.

“Adapun alur Gerhana Matahari Cincin tersebut melewati Samudra Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia,” tulis BMKG dalam laman resminya www.bmkg.go.id, Selasa 30 Agustus 2016.

Settia

Situs BMKG memberi penjelasan detil mengenai fenomena Gerhana Matahari Cincin ini.

Gerhana ini akan teramati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi, yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

Gerhana Matahari ini di Indonesia diperkirakan terlihat pertama kali di langit Pacitan, Jawa Timur pada pada pukul 17.26 WIB.

“Untuk selanjutnya menyebar ke daerah lainnya. Mengingat Gerhana ini terjadi saat sore hari di Indonesia, semua lokasi di Pulau Jawa dan Kalianda, Lampung hanya terlewati oleh kontak pertama saja untuk kemudian Mataharinya terbenam,” tulis BMKG lagi.

Puncak Gerhana diprediksi pertama kali akan terlihat di Seai-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17. 52 WIB. (*)