Settia

Ada Potongan Dalam Pembagian Dana Jamsosratu

BERBAGI

SERANG, BCO – Pembagian uang bantuan Jaminan Sosial Rakyat Bersatu (Jamsosratu) masih dikeluhkan masyarakat. Pasalnya uang yang seharusnya diterima Rp 750 ribu, dalam kenyataanya masih banyak potongan.

Dikatakan salah seorang penerima Jamsosratu di Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Ia mengaku bingung dengan jumlah uang yang diterima kurang lebih hanya Rp 550 ribu.

“Katanya dapat Rp 750 ribu full tanpa potongan, nyatanya ada potongan dari panitia Rp 150 ribu. Katanya buat beli buku dan sepatu buat anak, tapi mahal masa sampe Rp 150 ribu, materai yang Rp 6.000 aja ini di minta Rp 25 ribu dan juga panitia Rp 50 ribu,” keluh Jumenah (41) kepada wartawan usai mengambil dana Jamsosratu di Kantor Pos di Kota Serang, Rabu 15 Juni 2016.

Sementara itu, Kabid Linjamsos Kota Serang, Eti Mulyati, kaget saat mendengar adanya potongan tersebut.

“Banyak amat potongannya, di kecamatan mana itu, kita belum ada informasi kalau ada potongan. Rp 150 ribu buat buku dan sepatu?,” ujarnya melalui telepon.

Ia juga menjelaskan bahwa uang yang diterima oleh masyarakat seharusnya sebesar Rp 750 ribu, sepenuhnya milik penerima Jamsosratu tidak ada pemotongan apapun.

“Kalau dari kita tidak ada potongan, paling buat nabung si penerima minimal Rp 10 ribu. Kalau misalnya si penerima pengen diambil, bisa langsung diambil tidak melalui siapapun,” kata Eti.

Diketahui, penerima Jamsosratu masing-masing mendapatkan dana Rp 2.250.000 per tahunnya. Dana tersebut dibayarkan dalam tiga tahap selama satu tahun, dengan pembagian Rp 750 ribu per tahapnya. (*)