Settia

Alfamart Berdiri Tanpa Izin di Kelurahan Samangraya, Timbulkan Pro Kontra Antar Warga

BERBAGI

CILEGON, BCO – Minimarket Alfamart terus bermunculan di Kota Cilegon. Kali ini, bisnis ritel tersebut nampak ngotot membangun toko barunya di Lingkungan Ciriu Rt 01/06, Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, meskipun belum mengantongi izin dari Pemerintah Kota Cilegon maupun masyarakat setempat.

Dampak tidak adanya perizinan, bangunan toko yang baru selesai pembangunannya itu sempat hendak disegel oleh petugas trantib Kelurahan Samang Raya, Kecamatan Citangkil pada Selasa 14 Juni 2016. Penyegelan tersebut juga berdasarkan adanya desakan dari warga lainnya yang tidak setuju berdirinya minimarket modern di lingkungan mereka.

Namun upaya penegakkan aturan tersebut tidak berjalan mulus, lantaran petugas mendapat perlawanan dari sejumlah warga sekitar yang memberikan dukungan untuk Alfamart tersebut.

Settia

Ternyata keberadaan Alfamart itu sendiri sejak awal menimbulkan pro kontra di kalangan warga Link Ciriu, Kelurahan Samangraya itu.

Suasana sempat tegang kalau sejumlah warga menghalang-halangi petugas Trantib. Bahkan sempat terjadi aksi adu jotos akibat upaya proses penyegelan itu.

Camat Citangkil, Kota Cilegon, Joko Purwanto menegaskan minimarket tersebut hingga saat ini belum keluar izin operasinya.

Pihaknya baru sebatas merekomendasikan, sementara proses perizinannya diterbitkan oleh Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM).

“Memang pihak ritel telah mengajukan permohonan, saat ini baru tahap kita berikan rekomendasi, sedangkan izin operasinya belum keluar,” jelas Joko. (*)