Anggota Polisi Dicetak Jadi Da’i

BERBAGI

CILEGON, BCO – Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak kepolisian dalam mewujudkan suasana lingkungan yang aman, tertib, dan damai. Salah satunya adalah dengan menjadikan anggota Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) menjadi seorang da’i, atau disebut sebagai Da’i Babinkamtibmas.

Kapolda Banten Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar mengatakan, Da’i Babinkamtibmas merupakan corong kepolisian agar dapat berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat.

Sehingga kedepan, tercipta keharmonisan antara kepolisian dan masyarakat dalam mencegah masuknya paham-paham radikalisme, serta terciptanya kepatuhan hukum di kalangan masyarakat.

“Kami menyiapkan para anggota Babinkamtibmas menjadi da’i untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat,” kata Kapolda di Restoran Bintang Laguna Cilegon, Rabu 20 Januari 2016.

Untuk itu, para anggota Babinkamtibmas diberikan bekal kemampuan dan pengetahuan agama, serta cara-cara efektif untuk pendekatan kepada masyarakat.

“Kami harapkan anggota Babinkamtibmas bisa pendekatan yang baik kepada masyarakat. Sehingga ketika terjadi sesuatu permasalahan, anggota kami bisa menyelesaikan dengan cara yang baik dan tanpa menimbulkan konflik,” kata Boy Rafli.

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Anwar Sunarjo berharap, adanya Da’i Babinkamtibmas bisa memperbaiki citra polisi di mata masyarakat.

“Kami berharap anggota Da’i Babinkamtibmas bisa menjaga nama baik Polri dan bisa memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat. Sehingga kondisi lingkungan tetap aman, tertib, dan damai,” tutur Kapolres. (*)