Settia

Beredar Surat Rekrutmen Tenaga Kerja Krakatau Steel untuk SMK di Semarang

BERBAGI

CILEGON, BCO – PT Krakatau Steel (KS) baru-baru ini diduga telah melakukan rekrutmen tenaga kerja baru untuk level operator dengan kualifikasi pendidikan SMA/SMK sederajat.

Sayangnya, kebijakan rekrutmen tenaga kerja PT KS kali ini dinilai sangat tidak berpihak pada sumber daya manusia (SDM) lokal Kota Cilegon dan Provinsi Banten.

Settia

Pasalnya, beredar informasi penting yakni tentang surat rekrutmen PT KS yang ditujukan kepada salah satu sekolah tingkat SMK di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bocoran terkait adanya surat rekrutmen tenaga kerja operator PT KS di luar Banten itu, seperti diunggah oleh aktivis Banten Isbatullah Alibasja, di akun facebooknya Sabtu 30 April 2016.

IMG-20160430-WA0001Surat resmi dengan Perihal Rekrutmen Program Apprentice PT KS itu tertanggal 25 April 2016, yang ditandatangani oleh General Manager HC Planning & Development PT KS, Mujiono Katam.

Dalam keterangan foto surat tersebut di facebooknya, Isbatullah Alibasja mengkritisi kebijakan rekrutmen PT KS itu.

“Jika hanya lulusan SMK mengapa harus mengambil jauh-jauh dari Semarang, bukankah SMK di Cilegon sudah banyak? Kebijakan rekruitmen lulusan SMK ini menciderai hati wong Cilegon.KS tidak pernah belajar dari keberatan-keberatan yang pernah kita sampaikan 3 – 4 tahun yang lalu,” tulis Isbat.

Dengan fakta baru yang terungkap kali ini, PT KS diduga telah mengulangi kebijakan rekrutmen seperti beberapa tahun lalu, yang akhirnya menimbulkan gejolak sosial dan protes besar-besaran oleh masyarakat Kota Cilegon. (*)