Settia

Cilegon Berlalukan KTP Anak Mulai Tahun 2017

BERBAGI

CILEGON, BCO – Kartu Identitas Anak (KIA) atau disebut juga KTP Anak mulai diberlakukan pada tahun 2016 oleh Pemerintah Republik Indonesia. Ketentuan ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon Soleh mengatakan, karena bukan menjadi kota percontohan, di Kota Cilegon KIA baru akan diterapkan pada tahun 2017. Di tahun ini, hanya Kota Tangerang yang melaksanakan dan sebagai percontohan untuk daerah Banten.

“KIA itu sama seperti KTP orang dewasa. Ini adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Sesuai Pasal 2 Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak,” kata Soleh, Senin 15 Februari 2016.

Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan atas hak konstitusional warga negara.

“KIA diperuntuhkan untuk anak baru lahir sampai dengan usia 17 tahun. Setelah melewati masa itu, akan meningkat menjadi KTP. Saat ini kami masih melakukan proses pendataan terlebih dahulu,” terang Soleh.

Settia

Syarat penerbitan Kartu Identitas Anak adalah, bagi anak yang baru lahir KIA akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan Akta Kelahiran.

“Persyaratan lainya akta kelahiran, Kartu Keluarga, KTP orang tua. Dan bagi anak usia diatas 5 tahun melampirkan pas foto berwarna,” kata Soleh. (*)