Curi Uang Kotak Amal Masjid Rp 35 Ribu, Warga Pabuaran Grogol Dihakimi Massa

BERBAGI

CILEGON, BCO – Agus Purwanto (45), warga dari Link Pabuaran, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, tertangkap tangan oleh masyarakat saat melakukan aksi pencurian kotak amal di Masjid Al-Kautsar, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Jumat 19 Juni 2015. Agus mengaku melakukan hal serupa sudah ketiga kalinya.

Aksi pencurian kotak amal kali ini dilakukan Agus Parwanto di Masjid Al-Kautsar ini setelah selesai waktu solat Jumat.  Warga yang melihat aksi itu langsung menghakimi Agus hingga babak belur sebelum akhirnya Agus diserahkan warga ke Polres Cilegon.

Diakui Agus Parwanto (45), dirinya terpaksa mencuri kotak amal di masjid tersebut sebab kepepet karena tidak mempunyai uang untuk ongkos pulang ke rumahnya yang berada di Lingkungan Pabuaran, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

“Saya ngambil uang di kotak amal buat ongkos pulang ke rumah. Karena tadi kehabisan uang di jalan. Tadi saya ambilnya setelah shalat Jumat tapi ketahuan warga dan di bawa kesini (Polres Cilegon). Ini aksi saya yang ketiga kalinya mencuri uang kotak amal di masjid ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit 4 Reskrim Polres Cilegon, Ipda Ahmad Haris Sanjaya mengatakan, untuk pelaku Agus Parwadi akan dikenakan pasal pencurian ditempat ibadah atau tempat umum atas jeratan pasal 362 KUHP dengan hukuman pidana maksimal 7 tahun kurungan penjara,

“Dari hasil penyelidikan yang telah dilakukan, kita sudah amankan beberapa barang bukti seperti, kotak amal, uang sebesar Rp 35 ribu, baju dan peci yang digunakan pelaku. Kita tadi menerima serahan dari warga yang katanya si pelaku melakukan pencurian uang kotak amal di masjid,” katanya. (*)