Settia

Daging Sapi Langka, Balai Karantina Cilegon Mewaspadai Peredaran Daging Celeng

BERBAGI

MERAK, BCO – Sejumlah kendaraan angkutan barang baik truk dan bus umum dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa dilakukan pengecekan oleh Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Cilegon di pintu perbatasan Pelabuhan Penyeberangan Merak, Selasa 11 Agustus 2015.

Pengecekan dilakukan dengan cara melihat isi muatan barang beserta kelengkapan surat kendaraan pengirim barang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi pengiriman barang ilegal berupa daging celeng yang dikhawatirkan dimanfaatkan untuk mencari keuntungan lebih di tengan kelangkaan daging sapi di sejumlah pasar, termasuk di pasar sekitar Kota Cilegon.

“Kita melakukan pengetatan terhadap pengiriman barang sebelum masuk ke wilayah pendistribusian. Pemeriksaan dan pengetatan pengiriman barang dilakukan karena adanya kelangkaan daging sapi semakin meluas di sejumlah daerah, khususnya di Kota Cilegon sehingga perlu diwaspadai, karena rawan dimanfaatkan oknum pedagang untuk mengedarkan daging celeng di tengah kebutuhan daging yang meningkat,” kata Kepala BKP Kelas II Cilegon, Bambang Haryanto kepada Berita Cilegon Online (BCO) di lokasi pemeriksaan.

Berdasarkan pantauan, Balai Karantina Kelas II Cilegon tidak menemukan kendaraan pengangkut barang seperti bus dan truk yang membawa daging celeng. (*)

Settia