Settia

Daging Sapi Langka, Harga Telur Ayam di Cilegon Juga Naik

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Cilegon memantau harga telur ayam di Pasar Baru Kranggot, Rabu 12 Agustus 2015. Berdasarkan hasil pemantauan tersebut, ternyata harga telur ayam di pasar naik tinggi.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan dan Pembinaan Pasar pada Disperindagkop Kota Cilegon, Muhammad Satiri, pascakelangkaan daging sapi di pasar, konsumen banyak yang beralih membeli telur ayam, ikan basah, dan daging ayam potong.

“Saya rasa tidak berpengaruh besar dampak kelangkaan daging sapi untuk masyarakat, karena masih ada tiga item lain, seperti telur ayam, ikan basah dan ayam potong. Kalau pun adanya kenaikan pada harga telur sejak kelangkaan daging sapi, itu tidak terlalu signifikan,” ujar Satiri yang ditemui pada saat melakukan pemantauan.

Settia

Sementara itu, Beny, pemilik Toko Trans Makmur, agen telur ayam di Pasar Baru Kranggot, mengatakan, sejak kelangkaan daging sapi di pasar, kini harga telur naik sekira Rp4.000 hingga Rp6.000 per kilogram.

“Dulu sebelum ada kelangkaan daging sapi, harga telur per kilo Rp17 ribu. Sekarang naik menjadi Rp21 ribu hingga Rp23 ribu per kilogram. Sebenarnya kenaikan ini bukan karena adanya permintaan telur yang meningkat dari masyarakat, tetapi karena memang harga telur ayam sedang mengalami kenaikan,” katanya. (*)