Settia

Disnaker Didesak Panggil Manajemen PT Krakatau Nippon Steel Sumikin

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon didesak oleh pihak Ikatan Sarjana Hukum (ISH) Kota Cilegon terkait dengan pembukaan lowongan kerja di PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) yang sudah dibuka mulai tanggal 24 Oktober 2015, dinilai tidak mendahulukan masyarakat Cilegon.

Ketua ISH, Muhammad Nasir mengatakan, banyak masyarakat Kota Cilegon yang tidak tahu dengan adanya pembukaan lowongan kerja di KNSS ini.

“PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) membuka lowongan kerja untuk tahun ini. Hanya saja pengumuman pembukaannyamelalui website pribadi perusahaan, kenapa tidak menyebarluaskaninfo pembukaan lowongan kerja tersebut kepada masyarakat, terutama untuk masyarakat Cilegon. Kalau ada info pembukaan lowongan kerja kan seharusnya diberitahukan terlebih dahulu ke Disnaker setempat, agar dapat disebarluaskan kepada masyarakat setempat. Dalam hal ini, karena perusahaan tersebut berada di Kota Cilegon, maka seharusnya masyarakat Cilegon lebih didahulukan,” kata Nasir saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Selasa 27 Oktober 2015.

Lowongan kerja di PT KNSS, lanjut Nasir, seharusnya diketahui terlebih dahulu oleh Disnaker Kota Cilegon, pihaknya berharap Disnaker dapat segera memanggil pihak manajemen PT KNSS terkait dengan pembukaan lowongan kerja di perusahaan tersebut dan bila perlu berikan peringatan tegas kepada manajemen PT KNSS agar mengutamakan masyarakat Kota Cilegon dan sekitarnya.

“Disnaker harus panggil manajemen PT KNSS terkait dengan pembukaan lowongan kerja ini. Saya rasa hal ini kan terkesan diam-diam dan tidak terbuka, padahal secara finansial saya yakin kalau PT KNSS mampu untuk mempublikasikannya di media lokal agar dapat diketahui oleh masyarakat Cilegon dan sekitanya. Saya harap Disnaker Cilegon dapat berikan peringatan yang tegas kepada PT KNSS agar dapat mengutamakan pemberitahuan untuk masyarakat Cilegon dan sekitarnya saat membuka lowongan kerja, PT KNSS kan adanya di Kota Cilegon,” tegas Nasir.

Berdasarkan data yang ada di website milik PT KNSS, dijelaskan ada 5 kriteria posisi lowongan kerja, pembukaan dibuka pada 24 Oktober sampai dengan 3 November 2015, untuk pengumuman seleksi administrasi akan diberitahukan pada 10 November 2015. (*)

Settia