Settia

DKP Cilegon Gencar Sosialisasikan Tata Cara Pembentukan Bank Sampah

BERBAGI

CILEGON, BCO – Untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan limbah rumah tangga yang dalam keseharian seringkali dianggap kurang bermanfaat, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cilegon menyelenggarakan sosialisasi tata cara pembentukan bank sampah di Aula Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Senin 26 September 2016.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan pemberdayaan ekonomi warga sekitar dengan memanfaatkan pengelolaan sampah non organik, seperti plastik, botol, dan lain-lain.

Kepala DKP Cilegon, Ujang Iing mengatakan, selain sosialisasi di Kelurahan Ciwaduk, pihaknya juga akan membentuk bank sampah di Kelurahan Ketileng.

“Penting sekali ya bank sampah ini. Kami akan selenggarakan selama dua hari pada 26 dan 27 September 2016. Hari pertama diberikan teori dulu, hari kedua langsung dilakukan praktik pengeloaan daur ulang sampah,” katanya.

Sementara itu, Lurah Ciwaduk Ali Fadni menjelaskan, pihak kelurahan sangat setuju dalam pembentukan bank sampah ini.

Dengan adanya sosialisasi tata cara pembentukan bank sampah, Ali Fadni berharap masyarakat dapat memanfaatkan hal tersebut dengan baik.

“Sebenarnya pengelolaan sampah ini sudah lama kami lakukan dengan zakat sampah. Dimana warga menyalurkan sampah non organiknya pada kami dan langsung kami jual,” terangnya.

Pada September 2016 ini, Ali Fadni mengatakan pihak kelurahan sudah menjual lebih dari satu ton sampah rumah tangga.

“Hasil uangnya tentu kami gunakan dalam pembelian tanaman atau dikembalikan pada masyarakat lagi untuk disantuni kepada anak yatim,” ujarnya. (*)