Settia

Ginjal Harus Cuci Darah Rutin, 1 Orang Jamaah Haji Asal Cilegon Akan Batal Berangkat

BERBAGI

CILEGON, BCO – Salah satu calon jemaah haji asal Kota Cilegon, kemungkinan tidak dapat berangkat ke tanah suci pada tahun ini dikarenakan masalah kesehatan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Dr. Arriadna, saat ditemui disela-sela kegiatannya, Rabu 10 Agustus 2016.

Settia

Dr. Arriadna mengatakan, masalahnya adalah gangguan kesehatan ginjal yang diharuskan melakukan cuci darah secara rutin. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kesehatan Calon Jama’ah Haji.

“Untuk Kota Cilegon ini dari sekitar 616 jamaah, ada satu (calon jamaah haji) sedang cuci darah, dengan sangat berat hati saya harus menyampaikan kepada yang bersangkutan tidak bisa berangkat. Kalau tahun lalu, pasien yang cuci darah itu masih bisa berangkat, tapi tahun ini karena ada peraturan baru, pasien dengan gangguan ginjal yang mengharuskan dia cuci darah itu tidak bisa berangkat. Kita harus menjalankan peraturan tersebut, intinya cuma itu saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Bantuan Kemasyarakatan pada Bagian Kesra Setda Kota Cilegon, Rohmatulloh mengaku, sangat menyayangkan jika ada jemaah haji asal Kota Cilegon yang gagal berangkat ke tahan suci. Pasalnya masa tunggu untuk berangkat haji saat ini cukup lama.

“Pemerintah Daerah berharap, untuk jamaah yang sakit agar diupayakan tetap bisa berangkat, tapi kan keputusan akhir ada di Dinas Kesehatan, kalau memang ada rekomendasi untuk tidak memberangkatkan yah kita ikuti saja,” ujar Rohmatulloh. (*)