Settia

Gotong Royong, Warga Celentrang Swadaya Bangun Pagar Makam

BERBAGI

PURWAKARTA, BCO – Warga Celentrang, Kelurahan/Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon bergotong royong membangun pagar makam yang berada di sisi jalan Purwakarta-Pasar Tegal Bunder, Jumat pagi 31 Juli 2015. Pembangunan dengan tujuan agar lingkungan bersih dan tertata itu dilakukan secara swadaya dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah kelurahan.

“Kami lakukan ini bergotong royong semua warga turun membangun pagar makam ini. Pendanaannya swadaya masyarakat, pihak kelurahan sampai saat ini juga belum bantu meski sekantong semen,” ujar Zaenal Abidin, Ketua Panitia Pembangunan Pagar Makam di RT 01 dan 02 di RW 01, ini.

Swadaya yang dimaksud, kata Zaenal, adalah setiap pemukiman warga menyumbangkan hartanya Rp 100 ribu. “Kesepakatan warga memang setiap rumah menyumbang Rp 100 ribu. Tapi memang belum semua karena kondisi ekonomi masyarakat kan berbeda-beda. Namun semangat bergotong royong dari warga cukup luar biasa antusias dan ini membuat kami selaku panitia semangat agar pembangunan ini selesai,” kata Zainal yang juga Ketua Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI) Ancab Purwakarta ini.

Ketua RW 01 Fatullah membenarkan bahwa warganya saat ini sedang bersemangat membangun pagar makam. Tujuannya banyak, tidak hanya merapikan makam dan lingkungan, juga memelihara kebersihan lingkungan. “Yang paling utama adalah kebersamaan, karena setiap keinginan jika dilakukan secara bersama-sama dan bergotong royong bisa mudah. Ini murni swadaya masyarakat karena kalau menunggu anggaran pemerintah kan lama turunnya,” kata Fatullah.

Pantuan BCO, puluhan warga tampak melakukan aktivitas pembangunan dengan tugasnya masing-masing. Selain ketua panitia dan ketua RW, tampak hadir juga Ketua masyarakat H Ardawi Muksin, Ketua RT 01 Ibrohim, Ketua RT 02 Subhi, dan ketua DKM ust Kurtubi. (*)

Settia