Settia

Hari Pertama Bertugas, Sebelum Pulang Suyitno Pamit ke Sekda Cilegon

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dua hari setelah dilantik sebagai penjabat walikota Cilegon, Rabu 22 Juli 2015, Suyitno mulai menjalankan aktivitasnya sebagai kepala daerah sementara di kota baja. Hari pertama kerja setelah libur lebaran Idul Fitri ini dilalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten ini dengan memimpin apel, halal bihalal bersama para pegawai Pemkot Cilegon, kemudian mengikuti prosesi serah terima jabatan dengan Dr Tb Iman Ariyadi dan Edi Ariadi selaku walikota Cilegon periode 2010-2015 melalui rapat paripurna istimewa DPRD Cilegon.

Setelah itu, Suyitno menghadiri prosesi serah terima jabatan ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Cilegon dari Ida Iman Ariyadi ke istrinya, Sumaeni Suyitno di aula Setda Pemkot Cilegon.

Settia

Sebelum pulang kerja, sekitar pukul 16.30 WIB, Suyitno tampak menemui Abdul Hakim Lubis, di kantor Sekda Cilegon untuk berpamitan lebih dulu pulang.

“Pak Sekda, saya pulang lebih dulu yah,” ujar Suyitno yang kemudian disambut dengan kata “Silakan,” dari Abdul Hakim Lubis seraya menghantarkan pimpinan barunya itu ke luar ruangan.

Sementara itu, sebelumnya, kepada Berita Cilegon Online (BCO) di ruang kerjanya, Suyitno menginformasikan bahwa saat ini iya masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang sering berhubungan seperti Sekda Cilegon, asisten daerah dan jajaran sub bagian protokol Setda Cilegon.

“Agenda hari pertama saya itu apel, kemudian sertijab di DPRD Cilegon, dan sertijab PKK. Selain itu koordinasi dengan jajaran yang sering berhubungan agar ada kesamaan pemahaman, mereka biasanya seperti apa dan saya biasanya seperti apa. Sebab saya juga kan masih harus bolak-balik ke Serang menjalankan tugas sebagai kepala DKP,” ujar Suyitno yang mengaku tidak menyangka diamanahkan jabatan orang nomor satu di Kota Cilegon.

Setelah itu, kata Suyitno, dirinya mengagendakan rapat dinas untuk saling mengenal dengan jajaran SKPD yang ada di lingkungan Pemkot Cilegon dan untuk mengetahui program kerja yang sudah dan akan berjalan di Pemkot Cilegon. “Rapat dinas mungkin nanti hari Senin. Ini agar saling kenal. Kan saya perlu tahu siapa saja nanti jajaran kepala SKPD agar kedepannya program berjalan lancar,” Suyitno menuturkan.

Terkait Pilkada Cilegon yang digelar pada 9 Desember mendatang, penjabat walikota mengaku akan berkoordinasi dengan KPU Kota Cilegon. “Untuk pilkada kan penyelenggaranya KPU. Nanti kita berkoordinasi dengan KPU. Yang pasti seluruh PNS itu harus netral kan,” katanya.

Disinggung dengan kemungkinan tingginya resistensi Pilkada Cilegon, Suyitno berharap itu tidak terjadi. Untuk mengantisipasinya, ia mengaku akan berkoordinasi dengan muspida dan jajaran terkait lainnya. “Mudah-mudahan Pilkada berjalan lancar,” pria yang disebut mirip Tb Aat Syafaat ini berharap. (*)