Settia

Hujan, Warga Link Rokal Jombang Mengeluh Karena Pemukimannya Jadi Langganan Banjir

BERBAGI

CILEGON, BCO – Hujan deras yang mengguyur Kota Cilegon Sabtu kemarin 12 Maret 2016, kembali jadi penyebab utama banjir di pemukiman warga Lingkungan Rokal, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon.

Sedikitnya ada sekitar 20 rumah yang terendam air dengan kedalaman 50 cm atau setinggi paha orang dewasa.

Wawan, Ketua RT 01 RW 11, Lingkungan Rokal mengatakan, Rokal merupakan langganan banjir jika terjadi hujan deras. Namun kali ini, banjir sudah sampai masuk ke beberapa rumah warga.

“Hujan saat ini ada yang masuk rumah, dan kedalaman air 50 centimeter, kalau hujan tidak berhenti air bisa tinggi dan masuk rumah warga lainnya,” ujar Wawan saat ditemui di lokasi rumah warga yang terendam banjir.

Dijelaskannya, banjir yang selalu terjadi di Lingkungan Rokal disebabkan minimnya saluran pembuangan air menuju sungai yang berada di perkampungan Slirit, Kelurahan Sukmajaya.

“Karena dataran rendah, semua air yang ada di Kota menuju kampung ini, sedangkan saluran air pembuangan sempit dan dangkal. Belum lagi di tambah air dari kiriman dari lingkungan RT tetangga, maka kami kebagian banjirnya,” jelas Wawan.

Di tempat yang sama, Sumarno, mengatakan, dengan kondisi debit air yang semakin tinggi dirinya sudah mencoba menghadang air dengan menambah tanggul di depan rumah. Namun usaha tersebut tidak berhasil, air banjir tetap masuk ke rumah.

“Air rembes dari dalam rumah persisnya di ruang tengah, percuma di depan saya tambah tanggulnya biar tinggi, di dalam rembes, alamat bakal nimba air lagi dari dalam ke luar rumah,” keluhnya.

Bahkan untuk mengantisipasi air tidak masuk rumah, lanjut Sumarno, beberapa warga mencoba membuat tanggul penahan air dari pasir yang dimasukkan ke dalam karung.

Settia

“Sebagian warga sudah membuat tanggul dari pasir untuk mengantisipasi air tidak masuk rumah,” katanya. (*)