Settia

Ini Sebab Daging Sapi di Seluruh Pasar Cilegon Kosong

BERBAGI

CILEGON, BCO – Sudah empat hari ini daging sapi sulit ditemukan di tiga pasar yang ada di Kota Cilegon, yaitu Pasar Merak, Pasar Blok F, dan Pasar Baru Kranggot.

Kepala Disperindagkop Cilegon Tb Dzikrie Maulawardhana mengatakan, Rumah Potong Hewan (RPH) yang berada di Cilegon sudah tidak melakukan pemotongan sapi selama empat hari ini sehingga tidak ada pedagang sapi yang melakukan aktivitas jual dan beli.

“Di tiga pasar Kota Cilegon sudah tidak ada penjualan daging sapi, karena sedang mogok. Yang jelas aksi mereka ini karena asosiasi pedagang sapi sedang menahan diri dari permintaan pemerintah pusat yang menginginkan harga sapi turun. Sedangkan asosiasi pedagang sapi sendiri menginginkan terjadinya kenaikan harga,” ujar Dzikrie saat melakukan pemantauan di RPH Cilegon, Senin 10 Agustus 2015.

Settia

Dikatakan Dzikrie, kondisi seperti ini bukan hanya dialami Kota Cilegon saja, tetapi juga terjadi di kota-kota lainnya. Sebab, ini adalah imbas dari aksi asosiasi pedagang sapi nasioanal

“Permasalahan ini mau kita diskusikan ke dinas peternakan di provinsi agar mendapat solusinya. Selain itu dengan asosiasi juga akan kita lakukan pembicaraan. Habis dari sini kita akan langsung ke sana (Dinas Peternakan Provinsi Banten. Sebenarnya stok sapi kita banyak, hanya saja pengusaha yang tidak mau memotong sapinya. Biasanya di RPH Kota Cilegon kita melakukan pemotongan sebanyak 20 ekor sapi per harinya,” katanya. (*)