Settia

Inovasi Pelayanan Publik, SMKN 1 Cilegon Bangun Pusat Informasi Berbasis Komputer

BERBAGI

CILEGON, BCO – Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, SMKN 1 Kota Cilegon membangun pusat pelayanan informasi publik dengan system jaringan teknologi informasi. Pelayanan yang akan dipustakan di ruang lobbi gedung SMKN 1 Cilegon dengan menyajikan informasi berbasis komputerisasi.

Settia

Kepala SMKN 1 Cilegon Widodo mengatakan, pelayanan publik dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi adalah sebagai inovasi dari kelanjutan program pelayanan publik yang pernah mendapatkan penghargaan katagori SMK Kerja terbaik dari pemerintah pusat.

“Ruang lobi saat ini akan diperbesar menjadi pusat pelayanan informasi mandiri. Dimana pelayanan bisa dilayani langsung secara individu ataupun pengunjung bisa mencari informasi melalui system komputer yang menyajikan seluruh fitur informasi yang dibutuhkan,” kata Widodo saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 11 November 2015.

Dijelaskan Widodo, pusat pelayanan informasi menyajikan segala kebutuhan informasi, dimana akan berisikan sesuai dengan fitur yang tersedia, baik itu daftar nama pelajar, guru, prestasi, denah lingkungan sekolah, dan segala sesuatu kegiatan yang terlaksana.

“Ide adanya pelayanan informasi mendiri adalah buah hasil tim kreatif guru, dimana kami ingin memberikan kemudahan penyampaian informasi publik kepada siapapun yang mengunjungi SMKN 1 Cilegon,” kata Widodo.

Projek pelaksanaan pembangunan pusat informasi ini akan dikerjakan oleh tim kreative sekolah, bahkan jika nantinya tim kreative terbatas dengan kemampuan, pelaksanaan akan bekerjasama dengan pihak professional dari luar sekolah, sehingga pusat pelayanan informasi bisa berjalan sesuai dengan perencanaan.

“Master projeck pembangunan SMKN 1 Cilegon untuk 5 tahun kedepan sudah kami siapkan, pusat pelayanan publik ini adalah salah satunya. Kedepan, diharapkan SMKN1 Cilegon menjadi sekolah model berbasis teknologi informasi yang lebih baik,” kata Widodo. (*)