Settia

Kapolres dan Camat Citangkil Apresiasi FKPM Warnasari, Karena Aktif Berpartisipasi Jaga Keamanan Lingkungan

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dalam rangka meningkatkan keamanan lingkungan, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kelurahan Warnasari menggelar kegiatan partisipasi dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban di lingkungan Kelurahan Warnasari yang diadakan di depan halaman kantor Kelurahan Warnasari, Senin malam 2 Oktober 2016.

Settia

Ketua FKPM Kelurahan Warnasari, Mas Mulyadi mengatakan, eksistensi FKPM ini diharapkan tingkat kriminalitas di lingkungan masyarakat dapat lebih berkurang. “Acara ini bertujuan untuk meningkatkan eksistensi FKPM, semoga acara ini dapat memotivasi FKPM di kelurahan lainnya. Dengan bersinergi baik dengan masyarakat, pihak kelurahan, kecamatan, serta Polres, dan Polsek setempat,” katanya.

Dalam kegiatan partisipasi FKPM Kelurahan Warnasari tersebut, pihak Kelurahan Warnasari memberikan bantuan alat komunikasi berupa handy talky yang diserahkan langsung kepada pengurus FKPM Kelurahan Warnasari.

Sementara itu, Camat Citangkil, Joko Purwanto yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, FKPM Warnasari merupakan satu-satunya FKPM yang eksis di Kecamatan Citangkil dalam menjaga ketentraman dan ketertiban lingkungan.

Joko berharap kedepannya FKPM Warnasari bisa menjadi pilot project untuk FKPM di kelurahan lainnya agar dapat menekan angka kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat.

“Ini merupakan acara pertama di Kecamatan Citangkil, kelurahan paling eksis FKMP-nya sehingga dapat bersinergi dengan baik dengan seluruh unsur masyarakat. Saya juga berharap masyarakat bisa menjadi subjek dalam meningkatkan keamanan di lingkungannya. Mudah-mudahan FKPM Warnasari ini dapat memberikam motivasi kepada kelurahan lain,” ujar Joko.

Kapolres Cilegon, AKBP Raden Romdhon Natakusumah yang memberikan sedikit pemaparan tentang tugas dan fungsi dari FKPM dalam acara tersebut, mengaku sangat terinspirasi untuk menggerakkan semua FKPM yang berada di wilayah hukum Polres Cilegon. Hal tersebut agar masyarakat juga dapat berperan aktif untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

“Sesuai harapan saya untuk lebih sering turun dan berdialog dengan masyarakat. Kegiatan FKPM ini jadi inspirasi saya untuk digelorakan di setiap kelurahan. Diharapkan FKPM dapat menyelesaikan tindak kejahatan ringan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Kedepannya saya berharap Babinkamtibmas beserta FKPM harus sering menyambangi masyarakat untuk gencar melakukan sosialisasi terkait masalah keamanan di lingkungan, terus melakukan upaya kontra radikal bahaya narkoba,” tegasnya.

Intinya tugas dari FKPM sendiri, jelas Kapolres, yakni mengidentifikasi masalah ideologi, politik, budaya, keamanan. Selain itu juga menganalisa masalah, apa itu berimplikasi dampak kamtibmas.

“Jika ada masalah segera direspon, cepat diselesaikan dan dievaluasi,” ujar Kapolres. (*)