Settia

Keamanan Lingkungan Setda Cilegon Diperketat, Ada Kartu Tamu dan Parkir

BERBAGI

CILEGON, BCO – Kepala Bagian Umum Setda Kota Cilegon Agus Zulkarnain mengusulkan sebuah regulasi yang mengatur tentang keamanan dan ketertiban di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Cilegon. Usulan tersebut dilakukan lantaran tingkat keamanan dan ketertiban di lingkungan kantor walikota yang cukup rentan, terutama dari aksi pencurian.

Usulan tersebut dikabulkan yang ditandai dengan terbitnya  Peraturan Walikota (Perwal) Cilegon Nomot 31 Tahun 2015 yang ditandatangani Penjabat Walikota Cilegon Suyitno.

Agus mengatakan, pihaknya mulai hari ini telah melakukan uji coba implementasi terhadap perwal tersebut di Lingkungan Setda Kota Cilegon.

“Mulai hari ini (24 November 2015), kami telah melakukan uji implementasi terhadap Perwal, Standar Operasional Prosedur (SOP), dan Standar Operasional Manajemen (SOM) di lingkungan Setda Kota Cilegon. Hal ini dilakukan untuk keamanan dan ketertiban di lingkungan Setda Kota Cilegon. Harapannya, selain ketertiban, keamanan di lingkungan setda juga bisa terjamin,” kata Agus, Selasa sore.

Agus juga menjelaskan beberapa hal teknis yang akan diberlakukan dalam meningkatkan keamanan dan penertiban di lingkungan Setda Kota Cilegon, seperti pengaturan tamu, pengaturan parkir, pengamanan jam kerja dan di uar jam kerja, pengamanan unjuk rasa, pengamanan kegiatan berlangsung, penanganan kebakaran pada jam kerja dan luar jam kerja.

“Pemberlakuan perwal ini memang akan membutuhkan penyesuaian dan waktu yang tidak sebentar. Selain itu juga perlu adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh lembaga yang ada di lingkungan Setda Kota Cilegon dan seluruh SKPD terkait. Kami bersyukur SKPD terkait seperti Satpol PP, Kesbanglinmas, Dishub, bagian perlengkapan, bagian hukum, kominfo dan lainnya, bersinergi dan memberikan dukungan penuh,” jelasnya.

Settia

Selain itu, Agus juga mengatakan dalam pemberlakuan uji implementasi terhadap SOP, SOM, dan Perwal ini, sarana dan prasana yang sudah berjalan adalah kartu tamu dan handy talky.

“Untuk sarana prasarana yang sudah berjalan adalah kartu tamu dan handy talky. Nanti akan diadakan pintu palang otomatis di pintu keluar masuk lingkungan Pemkot Cilegon. Perwal ini akan mulai berlaku secara efektif pada tanggal 1 Januari 2016,” ujar kolektor jam antik tahun 60-70an ini. (*)