Kesbanglinmas: Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dituntut Mampu Mengatasi Konflik di Masyarakat

BERBAGI

CILEGON, BCO – Pembentukan Forum Koordinasi Deteksi Dini Masyarakat (FKDM) di setiap kecamatan di Kota Cilegon sebagai bentuk antisipasi meredam adanya konflik dalam masyarakat. Pada tahun 2017 nanti, seluruh FKDM di 8 kecamatan harus serentak disahkan melalui Surat Keputusan (SK) oleh Camat setempat.

Kabid Linmas Bagian Kesbanglinmas Cilegon Bayu Panatagama mengatakan, peran sejumlah elemen masyarakat memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga dan membina masyarakat, terutama mampu mendeteksi sumber gesekan konflik yang bisa terjadi.

“Jajaran FKDM itu diduduki oleh pihak kecamatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, toko pemuda dan bekerjasama dengan Binmas,” kata Bayu kepada BCO, Selasa 27 September 2016.

Menjaga ketenteraman masyarakat dibutuhkan oleh semua pihak, dan itu harus diwujudkan oleh jajaran FKDM. Sekecil apapun percikan konflik harus mampu diredam.

“Di tahun 2017, FKDM harus serempak sudah dikukuhkan. Untuk itu, saat ini pun para tokoh tersebut selalu dibina dan memberikan pembekalan skill dalam mengatasi setiap masalah,” kata Bayu. (*)