Settia

Ketua PWI Banten: Wartawan Harus Mampu Mengidentifikasi Diri

BERBAGI

CILEGON, BCO – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten menggelar acara Karya Latih Wartawan (KLW) untuk wartawan yang baru terjun ke dunia jurnalistik di wilayah Provinsi Banten sebagai bagian dari persyaratan untuk menjadi anggota PWI.

Dalam sambutannya saat pembukaan acara, Firdaus, Ketua PWI Provinsi Banten, mengatakan, seorang wartawan harus dapat mengidentifikasi diri untuk dapat mantap menjalani profesinya sebagai seorang jurnalis.

“PWI melakukan rekruitmen dengan mengadakan KLW, dalam KLW ini setiap wartawan akan dibekali pengetahuan tentang organisasi dan jurnalistik. KLW ini bertujuan agar wartawan dapat mengidentifikasi diri, bagaimana seorang jurnalis itu seharusnya,” kata Firdaus kepada seluruh peserta KLW yang dilaksanakan di Hotel Puri Retno, Anyer, Jumat 31 Juli 2015.

Firdaus juga menjelaskan tentang bagaimana prosedur keanggotaan yang ada dalam organisasi PWI.

“Untuk sekarang, peraturan yang baru sudah mulai berlaku, bagi anggota PWI yang masa kartu keanggotaannya sudah habis, jika dalam 6 bulan tidak melakukan perpanjangan, maka dia harus ikut kembali KLW dan mengulang sebagai anggota muda. Untuk anggota muda sendiri minimal harus 2 tahun untuk menjadi anggota biasa. Anggota muda hanya bisa berpartisipasi, kalau sudah jadi anggota biasa baru punya hak memilih dan hak dipilih sebagai pengurus,” ujar Firdaus.

Selain itu, Ketua pelaksana acara KLW PWI Provinsi Banten, Suhaemi yang juga merupakan sekretaris PWI Kota Cilegon mengatakan, KLW ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisne wartawan yang menjadi bagian dari keluarga besar PWI.

“KLW ini kami laksanakan sebagai peningkatan kapasitas wartawan dan penguatan pengurus PWI.” kata Emi. (*)