Settia

Komunitas Kite Geh Cilegon, Kampanyekan Internet Sehat

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dunia digital merupakan era baru di zaman modernisasi. Bagi anak muda sekarang, dunia digital ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam interaksi sosial mereka. Dunia digital ini melalui koneksi internet, bergerak sangat cepat dan berkembang kian luas, sehingga jika tak hati-hati kita bisa tersesat dan hilang arah.

Atas dasar itulah, sekelompok pemuda Kota Cilegon menginisiasi dibentuknya Komunitas Kite Geh yang bertujuan untuk mengkampanyekan penggunaan internet sehat di kalangan pemuda.

Ketua Komunitas Kite Geh, Eko Wahyu mengatakan, komunitas ini lahir sebagai wadah untuk saling sharing pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam menjelajah dunia digital.

”Kita persilahkan anggota komunitas memanfaatkan silaturahmi ini untuk saling tukar ilmu. Entah mau tukar ilmu bisnis di dunia digital, digital parenting buat para orang tua, digital untuk kegiatan sosial dan seterusnya. Jadi yang berbau digital ngumpul disini,” kata Eko disela Launching Komunitas Kite Geh di SD Juara Cibeber, Senin 1 Februari 2016.

Lebih lanjut, Eko mengatakan komunitas ini memiliki tagline ‘kreatif dengan konten positif’. Artinya di komunitas ini hanya konten-konten positif, sehat, dan produktif saja yang boleh jadi pembahasan.

Settia

“Di dunia digital juga banyak konten kekerasan, asusila, dan kriminal yang perlu diwaspadai dan dihindari. Keberadaan komunitas ini adalah menyaring dan ngeblock konten negatif tersebut,” kata Eko.

Dalam acara launchingnya ini, Komunitas Kite Geh juga menggelar pelatihan pengenalan dunia digital dengan mendatangkan seorang praktisi internet marketing Boy Hamidi.

Dalam penyampaian materinya, Boy memaparkan bahwa peluang yang bisa dimanfaatkan dalam dunia digital sangat banyak sekali. Bahkan, peluang bisnis di internet sangat besar.

”Internet luas sekali pemanfaatannya. Anda bisa dapat uang dengan memanfaatkan internet. Fasilitas adsense yang disediakan google misalnya. Kita cukup kutak-katik laptop atau gadget dapat penghasilan,” jelas Boy dalam pemaparan materinya.

Setelah launching perdana, Komunitas Kite Geh kedepan akan melakukan kegiatan lanjutan yaitu Sekolah Digital yang akan diprogramkan secara berkala oleh para pengurusnya, dengan menghadirkan para praktisi digital dalam berbagai bidang. (*)