KPU Banten Gunakan Aplikasi Silon untuk Deteksi KTP Ganda Persyaratan Calon Independent

BERBAGI

SERANG, BCO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah menetapkan tahapan pemilihan kepala daerah Provinsi Banten, selain bagi bakal calon dari partai juga dari bakal calon yang akan maju dari perseorangan.

Komisioner KPU Provinsi Banten, Saeful Bahri saat ditemui di Hotel Le Dian Kota Serang mengatakan, pihaknya akan menggunakan aplikasi sistem informasi bakal calon (Silon) dan sistem informasi tahapan (Siltap) Pilkada 2017.

“Silon ini akan membantu verifikasi administrasi bakal calon independent, termasuk mendeteksi kegandaan KTP,” kata Saiful ditemui Jum’at, 24 Juni 2016.

Ia mengatakan, pihaknya menginginkan kepada bakal calon independent agar menyelesaikan persyaratan terlebih dahulu, agar ketika penyerahan kepada KPU tidak ada masalah dipersyaratan.

“Agar bisa langsung diverifikasi secara administrasi oleh KPU Banten, setelah itu pendeteksian kegandaan, diperiksa lagi tuh, nah baru setelah itu disitulah ada perbaikan, nanti diverifikasi faktual yang pelaksanaannya tanggal 21 Agustus sampai 5 September,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, ketika persyaratan fotokopi KTP dari bakal calon independent ada yang kurang, maka kekurangan tersebut harus dilipat-gandakan dua kali.

“Misal penyerahan awal 700 ribu KTP, ternyata setelah diverifikasi hanya ada 450 ribu, berarti kan kurang, nah kekurangannya itu harus dilengkapi dengan dikalikan dua. Kalau ternyata waktunya mepet, tiga hari tidak sanggup, berarti calon indpendent ini dicoret, memang berat,” jelasnya.

Saiful juga memberikan saran kepada balon independent agar mencari fotokopi KTP pada angka aman, pasalnya jika jumlah KTP hanya sekedar cukup sesuai syarat, hal itu berpotensi ditolak oleh KPU.

“Gimana kalau pengakuan tim ada 700 ribu KTP, tapi pas dihitung ada 500 ribu KTP, salah siapa?,” katanya.

Mantan Ketua KPU Cilegon ini menegaskan, pencalonan dari balon independent tergantung pada keseriusan kinerja tim suksesnya.

“Kalau timnya serius dan ngoleksi KTP-nya valid, sebetunya terbuka peluangnya. Tinggal ini kan ada di tim, calon independent itu ada di tangan tim, karena kalau timnya bekerja dengan jujur, Insha Allah bisa lanjut tapi kalau timnya bekerja main-main ya mohon maaf,” tegasnya.

Ia juga berharap, agar para bakal calon independent agar terus berkoordinasi dengan pihak KPU Provinsi Banten agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Kita berharap dari balon independent ini terus berkoordinasi dengan KPU, jangan sampai data yang ada tidak sesuai dengan silon karena silon bisa mendeteksi data yang tidak sesuai,” tegasnya. (*)