Settia

KPU Banten: PPK Harus Kerja Ekstra untuk Pemutakhiran DPT dan Capaian Target Partisipasi Pemilih

BERBAGI

SERANG, BCO – Komisioner KPU Banten Divisi SDM dan Sosialisasi, Enan Nadia menjelaskan tahapan pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT) pada 8 September 2016 hingga 27 Oktober 2016. Hal ini akan membuat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kerja ekstra.

“Kerja PPK ekstra pada tahapan ini (Pemutakhiran DPT – red),” ujar Enan kepada wartawan, Kamis 14 Juli 2016.

Pasalnya menurut Enan, PPK bukan hanya mendata pemilih yang sudah mempunyai hak suara di tingkat kecamatan saja tapi juga memvalidasi hingga ke rumah-rumah pemilih.

“Mereka (PPK-red) harus menyampaikan data pemilih yang valid, jangan sampai ada data yang tidak jelas nantinya,” ujar Enan.

Settia

Bukan hanya mendata, PPK juga harus melakukan sosialisasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga diketahui seluruh masyarakat.

“Jadi bagaimana caranya masyarakat tahu dirinya sudah masuk ke Daftar Pemilih atau belum, jangan sampai ada kejadian masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih tidak terdaftar di DPT,” tegasnya.

Enan juga menegaskan PPK juga harus aktif menyosialisasikan Pilgub Banten kepada masyarakat, pasalnya berdasar pada angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 lalu yang masih rendah di Banten.

Menurutnya, persentase angka partisipasi untuk Pilgub Banten 2017 mendatang, harus mencapai 77,5 persen.

“Target jumlah partisipasi masih sama seperti kemarin yaitu berdasar pada target nasional sebesar 77,5 persen,” imbuhnya. (*)