Settia

Lurah Taman Baru Dapat Informasi Gundukan Material yang Diduga Limbah itu Berasal dari Krakatau Posco

BERBAGI

CILEGON, BCO – Nanang Umar Nafis Lurah Tamanbaru, Kecamatan Citangkil, mengungkapkan bahwa gundukan material padat yang ada di wilayah kelurahannya dan sempat dilaporkan ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) Cilegon beberapa hari lalu, merupakan material limbah sisa kapur yang diketahui berasal dari PT Krakatau Posco.

Nanang mengakui bahwa keberadaan timbunan material tersebut tidak berizin sejak tahun 2014.

“Tahun 2014 memang datang pemilik barang yang bernama Edi ke saya, untuk memperpanjang surat tetapi karena tidak ada surat rekomendasi dari BLH Cilegon, makanya saya menolak mengeluarkan surat izin,” ujar Nanang dihubungi melalui telepon genggamnya, Sabtu 10 Desember 2016.

Dikatakan Nanang, menurut pengakuan pemilik, material yang berwarna coklat itu adalah kapur sisa dari PT Krakatau Posco (KP), dan keberadaan gundukan material tersebut awalnya hanya sedikit tapi lama-kelamaan gundukan makin menumpuk sehingga hampir rata dengan jalan.

“Pemilik pernah bilang ke saya gundukan tanah itu adalah kapur dari Posco dan lahan untuk menimbun kapur itu awalnya dalem karena lahan tersebut itu bekas galian pasir. Karena sudah berlangsung lama penimbunanya, lama kelamaan gundukan tanah tersebut hampir rata dengan jalan,” ujarnya. (*)

 

Settia