Settia

Mesin Moge dan Ribuan Botol Miras Asal Singapura Diselundupkan Lewat Pelabuhan Merak Mas

BERBAGI

CILEGON, BCO – 3 unit kontainer bermuatan barang selundupan yang berasal dari Singapura berhasil digagalkan Bea Cukai Merak. Kontainer tersebut berisikan mesin motor gede (Moge), laptop bekas, minuman keras, dan produk tekstil.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten Hary Budi Wicaksono mengatakan, penemuan barang selundupan tersebut berawal dari pemeriksaan 3 kontainer yang ditimbun di tempat penimbunan sementara (TPS) PT IKPP Pelabuhan Merak Mas pada 28 September 2016 lalu.

Settia

“Saat melakukan pemeriksaan, ternyata di dalam kontainer tersebut tidak sesuai dengan dokumen pemberitahuannya. Setelah diselidiki, diketahui dari importir PT DIM,” kata Hary, Jumat 11 November 2016.

Hary menyebutkan barang selundupan tersebut terdiri dari 500 unit laptop bekas, 6.000 botol miras, 8 unit motor gede, dan 433 paket produk tekstil.

“Penyelundupan tersebut diperkirakan negara mengalami kerugian mencapai Rp 8,5 Miliar. Selanjutnya kasus ini akan ditindak lanjuti,” kata Hary.

Hary berharap, dengan adanya kasus ini Bea Cukai akan terus meningkatkan pengawasan serta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang terlarang. (*)