Settia

MTQ Tingkat Kota Cilegon ke 15 di Kecamatan Ciwandan Pada 15 – 19 Februari 2016

BERBAGI

CILEGON, BCO – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Cilegon ke 15, akan dilaksanakan di Kecamatan Ciwandan, tepatnya di Kelurahan Kubangsari dan Banjarnegara yang dimulai pada tanggal 15 – 19 Februari 2016.

Hal tersebut dikatakan oleh Sabit, Sekretaris Panitia Pelaksana MTQ Kota Cilegon ke 15, saat ditemui di sekretariat LPTQ Kota Cilegon di lantai 3 Gedung Plaza Mandiri Cilegon, Jumat 5 Februari 2016.

“Acara MTQ tingkat Kota Cilegon yang ke 15, inshaAllah akan dilaksanakan di Kecamatan Ciwandan, tepatnya di Kubangsari dan Banjarnegara. Rangkaian acara akan dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 19 Februari,” kata Sabit.

Rangkaian acara MTQ tersebut akan dimulai pada 15 Februari dengan diawali pawai ta’aruf yang diikuti oleh 8 kecamatan yang ada di Kota Cilegon, selanjutnya pada 16 Februari akan dilanjutkan dengan pembukaan dan 17-19 Februari pelaksanaan lomba dalam MTQ.

Settia

“MTQ ini adalah sebagai ajang silaturahmi, ajang syiar, dan ajang untuk menggali potensi terutama dalam bidang seni membaca Al-Qur’an. Sampai dengan saat ini kami sedang melakukan verifikasi data kelengkapan peserta utusan dari masing-masing LPTQ Kecamatan, agar disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh LPTQ Provinsi Banten,” ujar Sabit.

Selain itu, dalam MTQ tingkat Kota Cilegon kali ini, Sabit menjelaskan ada sembilan kriteria yang akan diperlombakan, seperti tilawatil qur’an, hifdil qur’an, tafsir qur’an, fahmil qur’an, syar’il qur’an, khottil qur’an, qiraatil kutub, maqolah al-qur’an, dan hifdil hadis.

“Ada 9 kriteria lomba yang akan dilaksanakan pada MTQ nanti. Dalam MTQ ini, kita akan mencari para pemenang terbaik MTQ nanti untuk menjadi kafilah yang mewakili Kota Cilegon di MTQ tingkat Provinsi Banten,” jelas Sabit.

Dalam MTQ kali ini, panitia pelaksana tidak menghadirkan bintang tamu nasional, melainkan hanya akan mendatangkan qori-qori lokal dari Provinsi Banten yang telah mengikuti ajang nasional.

“Kita tidak mendatangkan qori kenamaan untuk MTQ kali ini, kita akan lebih memunculkan qori dari lokal Provinsi Banten yang sudah mengikuti ajang nasional, karena memang kebanyakan qori tingkat nasional juga kan dari Banten,” kata Sabit mengakhiri. (*)