Settia

Pabrik Posco Mtech Sengaja Melepas Limbah ke Udara?

BERBAGI

CILEGON, BCO – PT Posco Mtech yang merupakan salah satu industri berat di Kota Cilegon dengan hasil produksi aluminium ini, belakangan membuat resah warga sekitar.

Pasalnya, pabrik tersebut sengaja melepas dengan bebas limbah hasil pembakaran produksi aluminium melalui cerobong pabrik.

Menurut keterangan dari salah seorang warga disekitaran pabrik itu, beberapa bulan belakangan ini PT Posco Mtech Indonesia, sering mengeluarkan asap pekat dari cerobong pabriknya.

Warga menduga, pabrik aluminium yang terletak di kawasan industri Krakatau Steel ini sengaja tidak memasang sistem penyaringan untuk limbahnya, tetapi malah memuntahkan dengan bebas asap hasil pembakaran atau peleburan scrap aluminium yang mereka produksi.

Polusi udara yang dihasilkan oleh pabrik tersebut paling sering terjadi pada malam hari. Mungkin pihak Posco Mtech sendiri berusaha mengelabui kondisi tersebut, sehingga aktivitas pabrik yang lebih produktif dominan dilakukan di malam hari.

“Mungkin untuk menghindari, supaya tidak terlihat warga sekitar, makanya pabrik tersebut beroperasinya malam hari. Dan setiap sedang produksi, banyak sekali menimbulkan asap pekat,” kata warga yang tinggal di Kompleks Perumahan Arga Baja Pura, Kecamatan Grogol.

Settia

Warga yang enggan disebut namanya itu juga mengaku pernah melakukan survey ke dalam kawasan pabrik PT Posco Mtech Indonesia. Dimana ditemukan fakta bahwa dalam jarak 10 sampai dengan 50 meter dari plan produksi pabrik itu, didapati banyak tanaman yang mati akibat tercemar oleh debu sisa produksi aluminium ini.

“Sepertinya asap dan debu sisa pembakaran aluminium ini tidak mampu ditampung oleh Dust Collector, atau memang sengaja tidak berfungsi, sehingga keluar dan mencemari udara di sekitarnya,” ungkap warga itu.

Diketahui, asap dan limbah debu sisa pembakaran aluminium yang dihasilkan oleh PT Posco Mtech ini sangat berbahaya karena mengandung zat kimia berat dan berbahaya.

“Seharusnya, pihak pabrik tidak boleh melepasnya bebas ke Udara, karena akan berbahaya bagi lingkungan,” tegas warga.

Untuk menyikapi hal tersebut, warga mengharapkan adanya tindakan serius berupa uji sample kualitas udara oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Cilegon di wilayah sekitar PT Posco Mtech Indonesia. Jika terbukti, maka pabrik tersebut harus diberikan sanksi. (*)