Settia

Pawai Sepeda Hias, Cara Anak-anak Kampung Madani Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

BERBAGI

CILEGON – Ratusan anak yang berasal dari Lembaga pendidikan non formal Kampung Madani, Lingkungan Kadipaten, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara pawai sepeda hias, jumat, 1 Desember 2015. Dalam pawai tersebut, anak-anak berkreasi menghias sepeda replika panjang Mulud.

Pembina Kampung Madani Juju mengatakan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai bentuk pembelajaran sejarah islam yang diterapkan kepada anak-anak Kampung Madani yang kini jumlahnya ratusan anak.

“Anak-anak itu perlu pembelajaran secara praktek atau visual. Dalam pawai ini, kami, selaku para mentor atau disebut sebagai Kakak Madani, memberikan pelajaran penting tentang kehidupan Nabi Muhmmad SAW sebagai tauladan yang harus diikuti oleh anak-anak,” kata Juju.

Melalui Sepeda hias, dikatakan Juju, anak-anak diajarkan cara berkreasi sesuai dengan ide dan kemampuannya. Bahkan replika kapal yang biasa digunakan dalam perayaan Maulid dibuat sendiri oleh anak-anak.

“Dalam Kampung Madani, Kami ingin mengajarkan anak-anak agar menjadi kreatif insani, kepribadian Akhlaqi, dan sebagai solusi remaja masa kini,” kata Juju.

Diharapkan Juju, melalui Kampung Madani bisa membangkitkan akidah dan akhlak anak-anak sesuai dengan tuntunan Rasulullah ditengah krisis moral yang melanda generasi muda saat ini. Dengan adanya Kampung Madani, anak-anak sebagai calon pemimpin masa depan memiliki karakter islami yang baik untuk menjadi pribadi yang jujur dan amanah. (*)

Settia