Settia

Pemasangan Paving Blok oleh LPMK Sukmajaya Memperlebar Akses Jalan Menuju Pasar Kranggot Cilegon

BERBAGI

CILEGON, BCO – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, kembali melaksanakan program pola padat karya yang merupakan salah satu program percepatan pembangunan infrastruktur di lingkungan RT/RW.

Berdasarkan pantauan BCO, pemasangan paving blok berlokasi di Lingkungan Priuk, RT 03/RW 03, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, yang merupakan akses jalan penghubung dari lingkungan masyarakat menuju ke Pasar Kranggot.

Dimana peletakan batu pertama dalam pemasangan paving blok tersebut langsung dilakukan oleh Lurah Sukmajaya Ade Resky, dan Camat Jombang Agus Ariyadi, Jumat 26 Agustus 2016.

Menurut Ketua LPM Kelurahan Sukmajaya, Mulyadi, pemasangan paving blok seluas 600 meter, dengan spesifikasi lebar 3 meter dan panjang 200 meter.

Pemilihan di Lingkungan Priuk ini karena merupakan salah satu akses yang merupakan jalur padat lalu lintas dari lingkungan masyarakat menuju ke Pasar Kranggot.

Selain itu, Mulyadi juga mengatakan selain pemasangan paving blok, ada juga pembangunan gorong-gorong yang merupakan swadaya dari masyarakat sekitar.

“Akses ke pasar itu cukup padat (melalui jalan Lingkungan Priuk), kalau ini diperlebar, mobil juga bisa masuk sini. Kalau LPM hanya untuk pembiayaan pemasangan paving bloknya saja, kalau untuk gorong-gorong ini merupakan swadaya dari masyarakat. Selain itu masyarakat juga turut membantu (swadaya) dengan tenaga, memberikan makanan, dan lainnya,” kata Mulyadi.

Sementara itu, Lurah Sukmajaya, Ade Resky, mengatakan, pemilihan pemasangan paving blok di jalan tersebut merupakan hasil musyawarah pembangunan dengan seluruh masyarakat.

Dalam skala prioritas terdekat salah satunya adalah pembangunan akses jalan yang merupakan jalur padat yang sering dilalui masyarakat yang berada di Lingkungan Priuk, untuk menuju ke Pasar Kranggot.

“Untuk infrastruktur lainnya akan kita masukkan dianggaran untuk tahun depan (DPW-Kel). Ini merupakan kegiatan LPM dan juga masyarakat yang saling membantu dalam pengerjaannya. Masyarakat semua juga siap gotong royong,” ujar Ade Resky.

Settia

Ditemui ditempat yang sama, Camat Jombang, Agus Ariyadi, sangat mengapresiasi kepada Kelurahan Sukmajaya atas pelaksanaan yang telah dijalankan dengan baik oleh pihak LPM dan Kelurahan, terutama dengan dapat menetapkan skala prioritas dalam hal pembangunan infrastruktur yang memang sangat dibutuhkan sebagai akses utama kegiatan masyarakat.

“Program padat karya ini memang program rutin yang dilaksanakan LPM dimasing-masing kelurahan. Program ini merupakan di tahun teakhir selama berjalannya dalam kurun 6 tahun ini. Khususnya Kelurahan Sukmajaya ini, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya,” tutur Camat. (*)