Settia

Petugas Karantina Amankan 10 Boks Burung Ciblek yang Disembunyikan di Kolong Bus

BERBAGI
Foto: Istimewa

MERAK, BCO – Sebanyak 248 ekor burung Ciblek asal Indragiri Hulu, Riau, diamankan Petugas Karantina Pertanian Cilegon yang bekerjasama dengan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Merak, kemarin.

Burung yang dimasukkan dalam kotak plastik dan disimpan di bawah kolong bus tersebut rencananya akan dibawa ke Kota Tangerang. Hal tersebut diketahui setelah petugas karantina mendapat laporan masyarakat terkait adanya penyelundupan burung ilegal.

“Rencananya, burung yang disembunyikan dalam kolong Bus itu akan dikirim ke Kota Tangerang,” ungkap Sianturi, Petugas Karantina yang bertugas.

Setelah dilakukan pemeriksaan sopir bus tidak dapat menunjukan dokumen lengkap dari daerah asal terhadap burung yang dikemas dalam 10 bok plastik itu. Sampai saat ini, petugas masih melakukan pemeriksaan pelaku yang kedapatan menyelundupkan jenis burung berkicau ini. Apabila terbukti melanggar, Pelaku dapat dijerat Undang Undang RI Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan dengan pasal 31 ayat (2) Jo. Pasal 6 huruf (a) dan huruf (c). [*]