PMI Cilegon Dapat Bantuan Mesin Blood Mixer

BERBAGI

CILEGON, BCO – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Cilegon mendapatkan bantuan satu unit mesin Blood Mixer CZK Series Hematologi dan satu unit Komputer Laptop dari PT Indonesia Power UP Surayala.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh General Manager PT Indonesia Power Hanafi Nur Rifai kepada Ketua PMI Cilegon Abdul Hakim Lubis, Senin 22 Februari 2016.

Lubis mengatakan, mesin blood mixer atau penggetar kantong darah sangat dibutuhkan dalam proses pengiriman darah. Hal tersebut dikarenakan untuk menghindari adanya gumpalan atau pembekuan darah.

“Selama ini memang kami membutuhkan mesin blood mixer setiap kali pengiriman kantong darah. Sebelum memiliki mesin, biasanya dilakukan secara manual dengan menggoyang-goyangkan box berisi kantong darah dengan tangan,” kata Lubis.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Cilegon Dewi Nurhayati mengatakan, bantuan satu unit mesin blood mixer sangat membantu sekali untuk menjaga kesegaran darah. Jika darah sudah mengalami gumpalan, otomatis darah yang tersimpan dalam kantong tidak bisa digunakan lagi.

“Efektifnya kami membutukan 6 unit mesin lagi. Punya satu juga sangat membantu dari pada harus kembali ke manual dengan cara menggoyangkan box berisi kantong-kantong darah,” kata Dewi.

General Manager PT Indonesia Power Hanafi Nur Rifai mengatakan, pemberian satu unit mesin blood mixer dan satu unit komputer laptop merupakan bagian dari penyaluran CSR perusahaan.

“Semoga apa yang kami berikan, bermanfaat dan membantu kerja relawan PMI,” kata Hanafi. (*)