Settia

Potensi Perkebunan Kota Cilegon di Merak dan Grogol

BERBAGI

CILEGON, BCO – Makin sempitnya lahan pertanian dan perkebunan di Kota Cilegon akibat pesatnya pertumbuhan industri di Kota Cilegon, tidak menyurutkan Pemerintah Kota Cilegon dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi perkebunan dan pertanian yang ada di Kota Cilegon.

Iman Agus Ramansyah, Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mengatakan, dari sekitar 101 hektar lahan perkebunan rakyat yang ada di Kota Cilegon, potensi terbesar ada di Kecamatan Pulomerak dan Grogol masih menjadi sasaran utama dalam pengembangan dan pemanfaatan lahan perkebunan dan pertanian.

Settia

“Lahan perkebunan rakyat ada 101 hektar se-Kota Cilegon dan yang paling berpotensi adalah di Kecamatan Pulomerak dan Grogol,” kata Iman Agus, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 7 Februari 2017.

Dari dua kecamatan tersebut, lanjut Agus, pola hidup masyarakatnya kebanyakan masih bergantung pada hasil perkebunan, salah satu komoditi yang paling banyak adalah cengkeh dan petai.

“Masyarakat di sana kan masih banyak yang pola hidupnya mengandalkan hasil perkebunan, jadi kemarin juga kita telah memberikan bantuan berupa 750 batang bibit cengkeh dan 750 batang bibit petai serta 15 ton pupuk organik kepada dua kelompok tani yaitu Kelompok Tani Batu Lawang dan Kelompok Tani Ambon 2. Artinya tidak merubah pola hidup mereka, jadi kita kembangkan, ” lanjut Iman Agus.

Dengan potensi tersebut, Iman Agus mengatakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan terus memanfaatkan lahan serta potensi masyarakat yang ada di dua kecamatan tersebut. Salah satu yang sedang diusulkan kedepan oleh pihaknya yaitu pemberian bantuan dari pemerintah pusat berupa bibit lada.

“Kita juga sedang menyiapkan feasibility studi (studi kelayakan) untuk kawasan pertanian terpadu. Salah satunya untuk menyiapkan tanaman sayur dan perkebunan. Bahkan kita rencana mengusulkan lada yang merupakan salah satu program dari pusat,” ujar Iman Agus. (*)