Settia

PT Krakatau Steel Akan Jual Krakatau Bandar Samudera ke PT Pelindo?

BERBAGI

CILEGON, BCO – Beberapa hari belakangan ini di kalangan dunia usaha Kota Cilegon kembali menghangat isu tentang rencana penjualan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) oleh PT Krakatau Steel (Persero) Tbk selaku induk perusahaan, kepada PT Pelindo.

Settia

Sejumlah kalangan baik dari internal maupun eksternal, saat ini sudah mulai nampak merapatkan barisan untuk menyuarakan penolakan atas rencana penjualan anak usaha PT KS di bidang kepelabuhanan itu.

Sebelumnya pada awal tahun 2016, rencana kerjasama antara dua perusahaan pelat merah dibawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI ini mencuat setelah adanya penjajakan yang dilakukan PT KS dan PT Pelindo. Hal ini menyambut ide dari Menteri BUMN Rini Soemarno yang mendorong BUMN seperti Krakatau Steel agar lebih fokus dalam pengelolaan bisnis utamanya, yakni pabrik baja.

General Manajer PT Pelindo II Banten, Chiefy Adi Kusumargono, beberapa waktu lalu sempat membenarkan adanya wacana penggabungan KBS ke Pelindo.

“Dampak dari tindaklanjut MoU antara KS dan Pelindo, KS akan berkonsentrasi ke cor business-nya atau ke steel industry. Sehingga ada wacana KBS bisa dikerjasamakan dengan Pelindo,” ungkap Chiefy seperti dilansir Tangsel Pos, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Direktur Utama PT KBS Tonno Sapoetro yang dikonfirmasi melalui telepon dan pesan singkat masih belum memberikan jawaban. (*)